Ad Code

Ini Dia Struktur Teks Hikayat

Struktur Teks Hikayat


Hikayat sendiri di Indonesia bukan suatu yang familiar karena memang prosa lama yang jarang banget diulas. Teks hikayat ini dibuatnya dalam bentuk sebuah prosa yang penulisannya punya banyak variasi ritme, teksnya juga menyerupai puisi. Dalam teks hikayat biasanya isinya itu tentang kehebatan tokoh dan juga keajaibannya.

Ciri Teks Hikayat


Sebelum belajar struktur teks hikayat perlu diketahui dulu ciri dari teks hikayat, jadi kamu bisa bedain teks hikayat dengan karya sastra lainnya.

Hikayat ini merupakan cerita yang turun temurun, meskipun demikian ceritanya tidak pernah berubah meski udah banyak diturunkan.

Hikayat ini bisa dibilang juga cerita rakyat jadi banyak orang yang tahu tapi tanpa tahu siapa pengarang cerita sebenarnya.

Bahasa teks hikayat ini cenderung dilebih-lebihkan.

Bahasa yang digunain dalam teks hikayat ini cenderung berulang.

Ceritanya bersifat tradisional.

Bahasa yang digunakan biasanya adalah bahasa melayu lama.

Cerita hikayat ini cenderung memunculkan kemustahilan bila ditinjau dengan akal sehat.

Banyak cerita hikayat juga bercerita mengenai kesaktian seseorang. Contohnya bisa seperti seorang yang dapat membelah lautan.

Belajar Struktur Teks Hikayat


Setelah paham tentang ciri dari teks hikayat kamu bisa lanjut belajar tentang struktur teks hikayat seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Abstraksi

Dalam cerita hikayat, abstraksi ini tidak wajib untuk dicantumkan. Jika ada abstraksi maka biasanya berisi tentang rentetan cerita.

Orientasi

Ada tiga aspek yang ada dalam penulisan orientasi diantaranya aspek tempat, waktu dan aspek suasana. Ketiganya ini sangat berpengaruh dalam sebuah hikayat.

Komplikasi

Dalam komplikasi biasanya berisikan konflik atau masalah dari teks hikayat yang ditulis. Dalam komplikasi ini biasanya watak dari seorang tokoh hikayat ini akan terbuka.

Evaluasi

Setelah tadi berurusan dengan berbagai konflik maka sekarang saatnya berurusan dengan penyelesaian dari konflik yang ada.

Resolusi

Resolusi ini merupakan bagian dimana solusi dari sebuah permasalahan ditemukan. Solusi yang ditawarkan inilah yang akan membawa menuju koda.

Koda

Koda ini adalah bagian yang mengartikan amanat atau pesan dari penulis kepada pembaca hikayat. Pembaca dapat mengambil pesan berupa moral ataupun pelajaran dari hikayat yang ditulis.
Jenis Teks Hikayat

Hikayat ini ada dua jenis diantaranya sebagai berikut.

Hikayat berdasarkan isi

Jenis teks hikayat yang pertama ditinjau dari isinya. Ada beberapa teks hikayat jika dilihat dari isi diantaranya ada cerita rakyat, cerita dari jawa, epos indi, biografi dan sejarah ada juga cerita bertingkat.

Hikayat berdasarkan asal

Jenis kedua dari teks hikayat yakni berdasarkan asal yakni hikayat yang berasal dari melayu asli, pengaruh jawa, pengaruh arab-persia, pengaruh Hindu dan masih banyak yang lainnya.Nah, itu dia pembelajaran singkat tentang ciri hikayat, struktur teks hikayat hingga jenis teks hikayat. Semoga bermanfaat!

Artikel Terbaru Lainnya


Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar