Ad Code

Fungsi Teks Biografi

fungsi teks biografi


Teks biografi ini sudah familiar didengar. Biografi ini isinya tentang kisah hidup dari seseorang yang dituangkan dalam sebuah tulisan biasanya dalam novel mini. Pembuatan biografi ini nggak bisa asal-asalan karena harus ditulis berdasarkan fakta dan perlu mengangkat cerita yang penuh dengan motivasi.

Biografi ini ditulis oleh orang lain bukan kita menulis diri kita sendiri. Bisa dibilang biografi ini kisah hidup inspiratif seseorang yang ditulis orang lain. Fungsi teks biografi ini ada banyak banget dan kamu harus paham semua fungsinya agar bisa mendalami tentang biografi.
Beberapa Fungsi dari Teks Biografi

Ada beberapa fungsi dari teks biografi yang perlu kamu tahu diantaranya adalah sebagai berikut.

Sebagai sumber sejarah

Fungsi pertama yakni biografi dapat dijadikan sebagai sumber sejarah. Biografi ini isinya perjalanan hidup tokoh, pengalaman tokoh, sehingga bisa dijadikan sumber sejarah untuk saat ini.

Sebagai informasi dan inspirasi

Kedua, biografi ini jadi sumber dari informasi dan inspirasi bagi pembaca. Dalam biografi ini berisikan banyak sekali informasi penting dari sebuah tokoh dan juga banyak motivasi yang bisa kamu ambil dari seorang tokoh yang dibahas dari sebuah biografi. Soalnya biasanya biografi ini isinya perjalanan hidup yang memotivasi banyak orang, yang inspiratif.

Sebagai sumber kontemplasi

Biografi punya banyak pesan yang bisa dipetik buat pembacanya loh. Dengan membaca biografi kamu akan dapat banyak pesan moral dari seorang tokoh. Jadi, biografi ini bisa banget jadi bahan bacaan kamu untuk menambah informasi dan motivasi serta bisa mengambil pesan di dalamnya.

Ciri Teks Biografi

Setelah tahu fungsi teks biografi kamu juga perlu tahu ciri-ciri dari teks biografi supaya kamu bisa bedain sama teks lainnya.
  • Biografi menceritakan kisah hidup seorang tokoh yang inspiratif.
  • Biografi ini ternyata selain bisa disajikan secara non fiksi tapi juga bisa secara fiksi loh
  • Paragraf yang ada di teks biografi ini dikembangin secara deskriptif dan juga naratif.
  • Teks ini punya struktur seperti orientasi, kejadian, dan juga reorientasi.
  • Pola pengembangannya ini sifatnya kronologis
  • Ada banyak kata hubung, kata rujukan, waktu, tempat, aktivitas dan juga ada banyak kata kerja.

Teks biografi ini punya pola tertentu diantaranya ada alur maju, gaya penulisan, sudut pandang, penggunaan bahasa dan juga fokus penceritaan.

Saat mau buat teks biografi kamu bisa kumpulin dulu informasi aktual dari seorang tokoh yang mau kamu tulis. Data itu harus dipilih dan juga diolah. Setelah itu kamu bisa rangkai semua informasi dan juga data yang ada.Nah, itulah beberapa pelajaran singkat tentang fungsi teks biografi hingga ciri-cirinya yang bisa kamu pelajari. Semoga bisa buat kamu cepet paham sama biografi ya.

Artikel Terbaru Lainnya


Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar