Ad Code

Surat yang Dibaca Saat Pengajian Pernikahan

Ada banyak ayat yang membahas tentang pernikahan dalam Al-Quran dan semuanya bermakna baik.


Menikah adalah salah satu pencapaian terbesar dalam kehidupan seseorang. Tidak heran bila semua orang ingin yang terbaik pada hari pernikahan termasuk doa-doa. Salah satu rangkaian acara pernikahan adalah pengajian. Seperti namanya tujuan pengajian pernikahan adalah mendoakan kelancaran acara dan juga agar kedua mempelai mendapatkan banyak keberkahan dari pernikahan ini. Oleh karena itu dalam prosesi, ada beberapa surat yang dibaca saat pengajian pernikahan. 

Surat yang dibaca saat pengajian pernikahan biasanya adalah surat yang berkaitan dengan pernikahan. Ada banyak ayat yang membahas tentang pernikahan dalam Al-Quran dan semuanya bermakna baik. Berikut ini beberapa surat yang biasa dibaca saat pengajian pernikahan.

QS An Nisa Ayat 1

Dalam surat An Nisa ayat 1 ini Allah SWT menegaskan kalau semua manusia sudah diciptakan berpasang-pasangan, yaitu laki-laki dan perempuan. Sehingga bisa mengembangkan keturunan dengan baik.

QS Ar Rum ayat 21

Surat Ar Rum Ayat 21 ini menjelaskan tentang keutamanan pernikahan. Bahwa pernikahan adalah penghindar dari maksiat dan zina antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, pernikahan juga merupakan penguat ketakwaan kepada Allah SWT.

QS Al-Baqoroh ayat 223

Surat Al-Baqoroh ayat 223 ini menjelaskan tentang pernikahan sebagai pembawa rezeki. Dengan menikah, Allah SWT akan memberikan rezeki yang lebih baik. Dalam surat ini juga dianjurkan untuk menyampaikan kebahagaiaan pernikahan kepada sesama muslim.

QS. Al Fathir ayat 11

Dalam surat Al Fathir ayat 11, Allah SWT menegaskan bahwa jodoh dan rezeki seseorang sudah diatur dalam lauh mahfuzh. Dari ayat ini, kita bisa mengetahui bahwa rezeki, jodoh, dan maut sudah digariskan dan diatur oleh Allah SWT sejak manusia lahir.

QS An Nahl 72

Menikah dan jodoh adalah satu bentu rezeki yang diberikan oleh Allah SWT sebagaimana dijelaskan dalam surat An Nahl 72. Dengan semua nikmat yang diberikan Allah SWT, manusia wajib beriman dan bertakwa hanya kepada-Nya.

Susunan acara pengajian pernikahan

Susuanan acara pengajian pernikahan baisanya dibuat dengan sederhana dan singkat. Esensi dari pengajian pernikahan ini adalah untuk mendoakan calon pengantin dengan doa yang baik. adapun susunan acara pengajian adalah sebagai berikut:

· Pembukaan dan sambutan

· Pembacaan ayat suci

· Pembacaan doa

· Tausiyah

· Sungkeman

Kamu bisa memilih salah satu ayat dari surat dalam Al-Quran yang membahas tentang pernikahan seperti yang sudah disebutkan diatas. Pembacaan ayat suci bisa dilengkapi dengan pembacaan doa yang dilakukan secara bersamaan untuk mendoakan calon mempelai dan juga orangtua.

Selain beberapa surat yang dibaca saat pengajian pernikahan diatas, masih ada beberapa surat lain yang juga membahas tentang pernikahan. Kamu bisa memilih satu satu atau dua untuk dibacakan saat proses pengajian tersebut.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar