Ad Code

Membuat Ceramah Singkat Tentang Berbakti Kepada Orangtua

ceramah singkat tentang berbakti kepada orang tua

Berbakti pada orangtua bisa dilakukan kapan saja tanpa menunggu adanya hari istimewa seperti hari ibu atau hari ayah. Tidak jarang tema berbakti pada orangtua menjadi salah satu tema untuk ceramah singkat. Hal ini karena berbakti pada orangtua adalah hal yang sangat penting dengan pahala yang sangat banyak. Membuat ceramah singkat tentang berbakti kepada orangtua tidaklah susah. Kunci yang utama adalah membuat poin inti agar ceramah tidak terlalu panjang. Ceramah singkat ini biasanya disampaikan ketika setelah sholat atau pada acara pengajian. 

Berikut ini contoh ceramah singkat tentang berbakti kepada orangtua pada acara keagamaan di sekolah.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat bapak/ibu kepala sekolah dan wakil

Yang saya hormati bapak/ibu guru dan staf

Dan teman-teman yang saya sayangi

Pertama mari kita panjatkan puji syukur atas rahmat dan nikmat Allah swt sehingga kita bisa berkumpul dalam acara ini dalam keadaan sehat walafiat. Salawat serta salam selalu kita curahkan pada Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang berbakti kepada orangtua. Orangtua sebagai orang pertama yang menjaga dan membesarkan kita sejak bayi hingga dewasa. Mereka selalu berusaha memberikan kehidupan serta pendidikan yang layak untuk kita. Namun sayang banyak dari kita yang melupakan pengorbanan mereka dan bahkan tidak jarang hingga melukai perasaan mereka.

Berbakti pada orangtua adalah hal yang wajib. Menujukkan bakti pada orangtua tidak melulu harus berupa materi atau uang namun bisa dimulai dari hal yang kecil. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah, merawat orangtua yang sakit, atau menjaga komunikasi bila berjauhan dengan orangtua. Bila melakukan kesalahan segeralah meminta maaf dan jangan lupa meminta doa untuk segala hal yang akan kita lakukan. 

Meski berbakti pada orangtua itu penting, namun sebaiknya orangtua juga tidak menuntut anak secara berlebihan apalagi bila kemampuan anak terbatas. Orangtua wajib memahami kondisi anak karena bagaimanapun juga anak sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik. Terapkan pola didik yang baik agar anak bisa memahami rasa bakti dengan tepat. 

Sekian sedikit pesan yang bisa saya sampaikan dalam ceramah kali ini. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang tidak melupakan bakti pada orangtua. Bila ada hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf. 

Wassalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh

Menyusun ceramah singkat tentang berbakti kepada orangtua tidak perlu terlalu berbelit-belit. Tulis poin yang ingin disampaikan, kemudian berikan penjelasan untuk poin tersebut. Dengan cara ini pesan yang ingin disampaikan bisa langsung ditangkap pendengar dengan jelas. Tidak hanya itu, ceramah juga harus dibuat dengan singkat dan tidak terlalu panjang. Hindari menambahkan penjelasan yang tidak berhubungan dengan pesan ceramah . 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar