Ad Code

Cara Membuat Rangkuman Novel Fiksi dan Non-Fiksi

langkah meringkas novel


Novel adalah sebuah bentuk karya sastra yang terdiri dari berbagai alur cerita dan konflik yang bervariasi. Jenis novel dapat dibedakan menjadi fiksi dan non-fiksi. Ketika membaca novel, pembaca akan mengalami berbagai konflik dalam berbagai alur cerita yang disajikan. Terkadang, ada kebutuhan untuk merangkum novel agar bisa dibaca dalam waktu singkat. Dalam pembahasan ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan ringkasan novel, baik itu novel fiksi maupun non-fiksi.

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam meringkas, diantaranya sebagai berikut :

Baca keseluruhan cerita

Langkah awal yang perlu diperhatikan adalah, kalian perlu membaca keseluruhan cerita dalam novel yang kalian baca. Untuk memastikan cerita yang disajikan dalam sebuah novel, usahakan kalian membacanya hingga selesai keseluruhan cerita dalam novel.

Temukan karakter

Kalian perlu mengetahui karakter-karakter yang terlibat dalam keseluruhan cerita dalam novel. Mulai dari karakter utama, karakter pendukung, sampai karakter yang tidak terlalu penting, perlu kalian ketahui.

Latar

Latar yang dimaksud adalah tempat peristiwa atau konflik yang terjadi di dalam novel. Dalam sebuah novel, akan terdapat banyak latar peristiwa atau konflik. Kalian perlu memahami latar peristiwa dalam setiap konflik agar ringkasan kalian mudah dimengerti.

Pahami konflik

Beberapa konflik yang terdapat di dalam novel perlu kalian pahami untuk mengetahui alur yang disajikan. Bedakan antara konflik besar dan konflik kecil yang terjadi dalam novel.

Pahami alur cerita

Dalam sebuah novel, biasanya alur cerita sangat bervariasi, tidak terpaku pada satu alur cerita. Maka dari itu, kalian perlu memahami alur cerita yang disajikan dalam keseluruhan novel.

Buat kesimpulan sederhana

Buatlah kesimpulan yang sederhana dari keseluruhan cerita, tokoh atau karakter, konflik, dan alur cerita yang sudah kalian baca sampai akhir.

Catat hal – hal penting

Dari poin-poin diatas, kalian perlu mencatat semuanya dalam satu catatan. Kemudian, pisahkan antara tokoh/karakter utama, latar utama, konflik besar, dan alur utama dalam novel.

Rangkai catatan menjadi sebuah ringkasan

Setelah catatan kalian kumpulkan dan sudah dipisahkan menurut poin-poin diatas, kalian tinggal menyusun catatan tadi menjadi sebuah ringkasan yang mudah dipahami dan dapat dibaca dengan baik.

Lihat referensi

Kalian juga perlu melihat atau membaca beberapa referensi tulisan yang berkaitan dengan novel yang akan kalian ringkas sebagai acuan. Tapi, perlu berhati-hati agar tidak terkesan menjiplak referensi orang lain.Dalam meringkas sebuah novel, panjangnya ringkasan tidak terbatas. Kalian hanya perlu menerapkan langkah-langkah meringkas yang sudah disarankan diatas. Pastikan lagi bahwa ringkasan kalian mudah dipahami dan dapat dibaca dengan baik sehingga menarik perhatian untuk membaca keseluruhan isi novel. Demikian tadi sedikit saran untuk kalian yang ingin meringkas sebuah novel fiksi ataupun non-fiksi.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar