Ad Code

20 Tempat Makan Terbaik di Purwokerto yang Wajib Dicoba

Purwokerto, sebuah kota kecil yang terletak di tengah Jawa Tengah, bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga dengan ragam kuliner yang menggugah selera. 

Kota ini menyimpan beragam tempat makan terbaik yang menjadi favorit warga lokal, wisatawan, hingga anak kost di sekitar area unsoed. Dari restoran hingga warung pinggir jalan, Purwokerto menyajikan berbagai pilihan makanan yang menggoda lidah dan ramah di kantong. Inilah beberapa tempat makan terbaik di Purwokerto yang patut untuk kamu kunjungi.

1. Bakmi Surabaya Pak Wanto

Nih, ini review tentang Restoran Bakmi Surabaya Pak Wanto. Tempatnya ada di Jl. Ahmad Yani, Kedung Wuluh, Pesayangan, Purwokerto Barat. Di sini, kamu bisa nikmatin berbagai macam makanan dan minuman, mulai dari nasi, bakmi, sampe seafood, yang semuanya enak banget buat dinikmati sama keluarga.

Kalo kamu mampir, aku saranin buat cobain Bakminya. Rasanya bener-bener otentik dan sedikit manis. Harganya juga ramah di kantong, mulai dari belasan sampe 30 ribuan rupiah. Porsinya juga gede banget, jadi bener-bener worth it deh!

2. Kedai Bu’e 4 SKS

Di Jl. Gunung Semeru No.90, Karangwangkal, Kec. Purwokerto Utara, kamu bisa menemukan Kedai Bu'e 4 SKS. Mereka menawarkan masakan Indonesia yang akrab di lidah kita dengan harga yang super murah, cocok banget buat anak kos yang lagi cari tempat makan enak.

Di sini porsi makanannya disajikan dengan sistem prasmanan, jadi kamu bisa makan sepuasnya sesuai selera kamu. Tempatnya nyaman, masakannya enak, harganya terjangkau, dan posisinya strategis banget, terutama buat mahasiswa.

Jangan lupa, Kedai Bu'e 4 SKS juga siap menerima pesanan makanan ringan untuk acara hajatan atau event khusus lainnya.

3. Ketoprak Rahmat Depan Fisip

Ini tuh salah satu tempat favorit kita buat makan ketoprak di sekitar Unsoed. Bumbu kacangnya enak banget, pedesnya juga pas. Nah, kalau pesen ketoprak spesial di sini, isinya komplit banget: ada ketupat, bihun, tahu, bakso, sosis, dan telur dadar.

Rasanya bener-bener enak, bumbunya tuh unik banget, belum nemu yang sepadan di tempat lain. Harganya juga super murah, cuma mulai dari 10 ribu aja. Makanya nggak heran kalo selalu rame dan antreannya panjang, dari anak kos sampe anak pejabat pada dateng. Meskipun harus antre, tapi puas banget deh sama rasanya.

Oh iya, ada bonusnya nih! Buat yang lagi puasa sunah Senin-Kamis atau puasa Daud, makan di sini gratis loh!

4. Bubur Ayam Jakarta

Di sebelah barat Lapangan Glempang, ada penjual bubur ayam khas Jakarta yang jadi favorit di Purwokerto. Bubur ayam di sini tuh porsinya banyak banget, cocok buat sarapan. Nah, yang seru lagi, harganya juga ramah di kantong.

Warung ini udah buka sejak 2005 dan tetep bawa bubur ayam khas Jakarta yang maknyus. Makanya, banyak yang langganan sarapan di sini, karena murah dan enak. Apalagi abis olahraga di lapangan, tempatnya pas banget buat isi perut yang kosong.

5. Warung Bu Pon

Nah, di tengah banyaknya restoran yang harganya mahal, ada nih warung Bu Pon, yang harganya di bawah 10 ribu aja. Cocok banget buat kantong anak kos.

Di sini, makanannya bergizi dan lengkap, ada macem-macem lauk dan sayur. Kamu juga bisa ambil nasi dan lauk sendiri. Nah, yang bikin spesial dari warung nasi rames ini selain makanannya yang komplit, harganya juga terjangkau banget. Bayangin aja, kamu makan nasi rames bisa ambil sayur macem-macem, tapi harganya tetep tiga ribuan aja. Ga heran deh, jadi primadona mahasiswa.

Oh ya, buat yang belum tau, nasi rames itu sebenernya nasi putih yang disajikan dengan sayur mayur macem tumis kangkung, tempe, tahu, gudeg, dan sayur kacang. Trus ditambah lauk seperti telur, ayam, ikan pindang, tongkol, mujair, lele, dan lain-lain gitu. Seru banget kan!

6. Lamongan Trubus

Coba deh, ada Warung Lamongan Trubus di Jl. Brigjend. Encung, Pakembaran, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara. Nah, di sini, kamu bisa ambil nasi sepuasnya dan pilih potongan ayam atau ikan yang gede-gede, plus bumbu banyak pilihan. Makanya, Lamongan Trubus jadi salah satu tempat makan terbaik di Purwokerto, karena rasanya enak, porsinya besar, dan harganya terjangkau buat anak kos. Seru kan!

7. Sate Tiga Saudara

RM. Sate Tiga Saudara Purwokerto didirikan oleh Bp. Muhammad Basalamah & Ibu Sheha Basalamah sejak Th 1976. Menyediakan berbagai menu masakan serba kambing ada sate, tongseng, gule daging, gule tulang sumsum & sop kambing serta berbagai macam minuman panas & dingin. Rasa masakan dg rempah melimpah yg senantiasa terjaga kualitasnya membuat pelanggan selalu rindu untuk selalu berkunjung ke RM Sate Tiga Saudara.

8. Warung Makan Bu Tri

Warung makan Bu Tri yang suka olahan ayam wajib banget cobain geprek ala bu Tri. Bumbu ayam nya benar benar nendang di lidah dan harganya nya juga terjangkau, warung makan bu Tri berlokasi di Gang Ceremai No.mor 35, RT.2/RW.2, Karangwangkal, Purwkoerto Utar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

9. Seafood Mekarsari

Kuliner seafood murah yang ada di Purwokerto yaitu si Seafood Mekarsari. Lokasinya terletak dekat di sebelah Unsoed. Banyak aneka seafood yang dijual di Mekarsari. Tidak perlu khawatir, harga yang dibanderol pun cukup murah. Mengingat, target market mereka adalah anak kos yang sedang berkuliah di Unsoed.

Masakan khas chinesse food yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu cair. Pesan nasi goreng seafood pedas yang cukup terasa pedasnya dan terlihat potongan2 cabe. Di dalam nasi goreng seafood berisikan potongan bakso dan cumi, serta 2 ekor udang yang berukuran lumayan untuk sebuah nasi goreng.

10. Soto Sokaraja Sutri

Soto Sokaraja Sutri 2 lokasinya tak jauh dari jalan utama Sokaraja-Purwokerto, tepatnya di Jalan Pramuka No.09, Dusun II, Sokaraja Kulon, Banyumas.Soto Sokaraja Sutri 1 buka dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang, namun bisa tutup lebih awal jika sudah habis.

Pemilik warung yang bernama Sutriah sudah berjualan soto sejak April 1984, yang saat ini usahanya dilanjutkan anaknyaTak heran jika Soto Sokaraja Sutri menjadi kuliner Sokaraja yang cukup legendaris dan terkenal.

Soto daging yang sangat enak, dengan harga yang tidak mahal, kita dapat menikmati soto dengan potongan daging yang cukup banyak, kuah soto juga enak. kamu dapat menambahkan sambel kacang yang dapat menambah cita rasa dari soto ini. cocok untuk disantap baik saat sarapan maupun makan siang.

11. Soto Madura dan Nasi Goreng Cak Dullah

Soto Madura Cak Dullah, Nasi Goreng 77, Gor Satria merupakan sebuah tempat makan yang berada di Purwokerto. Rumah makan ini menyajikan berbagai menu bakso & soto, chinese & aneka nasi yang dibanderol dengan harga yang murah dan bersahabat dengan kantong Kamu. Range harga yang ditawarkan mulai dari 17rb sampai 21 rb rupiah.

12. Lamongan Cak Zidan

Masakan Indonesia disajikan di restoran ini. Sebagian besar pengguna menunjukkan bahwa stafnya akomodatif. Pecel Lele Lamongan Cak Zidan terkenal dengan pelayanannya yang profesional. Banyak tamu yang mencatat suasana di sini sepi. Namun tempat ini tidak begitu diapresiasi oleh pengguna Google yang memberikan rating di bawah rata-rata.

Namun nyatanya rasa, harga dan pelayanan yang diberikan jauh lebih dari yang di review di google. dengan potongan ayam dan lele yang besar serta nasi yang bebas ambil bisa dibilang lamongan cak zidan sebagai salah satu tempat makan terbaik di purwokerto.

13. Warung ION 88

Warung Makan lon88, Purwokerto Utara merupakan sebuah tempat makan yang berada di Jl. Gn. Merbabu No.27 B, RT.04/RW.02, Karangwangkal, Kec. Purwokerto Utara. Rumah makan ini menyajikan berbagai menu barat, seafood & chinese yang dibanderol dengan harga yang murah dan bersahabat dengan kantong Kamu. Tidak ada warung makan sekelasnya yang menawarkan varian sebanyak pak ION 88. Dengan rasa yang lezat, harga yang murah dan terjangkau untuk anak kos, serta porsi yang besar membuat pak ION 88 menjadi salah satu tempat makan terbaik di Purwokerto

14. Ayam Goreng dan Bakar Kebon Lor

Ayam Goreng & Bakar Kebon Lor Jl. A Jaelani, Karangwangkal, Kec. Purwokerto Utara. Menu hanya ada ayam goreng dan ayam bakar, dan sambel ijo yang khas, selain itu bisa tambah tempe atau tahu, dihari tertentu ada tambahan menu lain. Ketika disajikan piring berisi nasi, ayam, serundeng, sambal dan 2 irisan mentimun. Dengan nasi yang bisa tambah sesuka hati tak heran kebon lor menjadi primadona di kalangan anak kos di purwokerto.

15. Ayam Goreng Tantene

Ayam goreng tantene ini terletak di jalan karang kobar. Menunya selain ayam goreng ada juga ayam bakar. Saya sih lebih suka dengan ayam bakarnya, terus sambelnya enak banget. Untuk minumanya saya lebih suka dengan es telernya yang sangat enak. Selain itu tempatnay juga nyaman, dibawahnya terdapat kolam ikan yang berisi ikan ikan yang besar. Tempat parkirnya yang agak kurang terutama untuk mobil, kalau untuk motor engga masalah. Overall cukup memuaskan.

16. Sahoun Ayam Pak Kartim

Sudah tidak asing lagi jika Kabupaten Banyumas dan Kota Purwokerto terkenal dengan makanan khasnya yaitu soto sokaraja dan mendoan. Namun tidak banyak yang tahu jika ada satu hidangan khas lainnya asal Purwokerto bernama sahoun ayam. Sahoun yang paling terkenal di Purwokerto, adalah Sahoun Pak Kartim.

Sahoun ini terletak di Jalan Kali Putih, Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur. Sahoun Pak Kartim sudah ada sejak 1970.Kini memiliki lima cabang yang tersebar di Purwokerto.Sahoun sekilas mirip kwetiau namun teksturnya lebih kenyal. Hidangan ini terbuat dari olahan tepung aci dan tepung beras yang diberi bumbu gurih kemudian dikukus.  Setelah dikukus kemudian dipotong-potong seukuran kwetiau. Cara penyajiannya juga berbeda dari kwetiau. 

Sahoun ini menggunakan kuas segar yang berasal dari kaldu ayam asli kemudian diberi suwiran daging ayam. Tidak boleh ketinggalan adalah taburan daun bawang dan sambal merah yang menambah cita rasa. Makanan ini terbilang langka dan jarang sekali ditemukan dan hanya ada di purwokerto.

17. Mendoan Kriuk Baturaden

Mendoan kriuk khas Baturaden merupakan salah satu kuliner Purwokerto yang banyak digemari. Mendoan adalah salah satu makanan khas Purwokerto yang berbahan dasar tempe. Pengolahan mendoan yaitu dengan cara digoreng setelah dibaluri tepung cair yang sudah dibumbui. Pada umumnya, camilan ini disajikan setengah matang. Namun berbeda di daerah Baturaden, salah satu tempat wisata yang menjadi ikon kota Purwokerto.

Di Baturaden banyak ditemui sajian mendoan dengan taburan kriuk di atasnya sehingga biasa disebut mendoan kriuk. Bahkan tepungnya khas dengan tekstur yang renyah. Banyak restoran dan warung menyajikan mendoan dengan cara yang unik ini. Jika Kamu berkesempatan singgah di daerah Baturraden, mendoan kriuk ini bisa jadi salah satu kuliner yang wajib dicoba. semua mendoan warung mendoan kriuk tidak berbeda jauh soal rasa jadi kamu bisa pilih saja mana yang ada tempat duduk atau kamu bisa meminta tikar untuk makan lesehan.

18. Angkringan Om Anto

Angkringan Om Anto terletak di jalan utama yakni di Jl. Jenderal Soedirman, Purwokerto atau orang setempat lebih mengenalnya dengan daerah Stasiun Lama.  Bagi para travelers luar kota patokan angkringan ada tak jauh dari Alun-Alun Kota Purwokerto dan pusat perbelanjaan Rita Supermall Purwokerto yakni hanya berjarak sekitar 650 meter saja.

Angkringan Om Yanto ini sudah berdiri sejak  tahun 2010 dan hingga kini masih tetap berada di lokasi yang sama sejak awal berdiri. Lokasi angkringan ini mudah sekali ditemukan karena terletak di pinggir ruas jalan utama tepat di halaman ruko – ruko. Ciri khas angkringan ini yaitu terdapat tempat lesehan yang luas sehingga mampu menampung banyak pelanggan.

Di Purwokerto terdapat Angkringan Om Anto yang di gadang – gadang menjadi angkringan ter-enak se kota ini.  Terlihat dari penuhnya kendaraan di halaman parkir angkringan ini maka dapat dipastikan rasanya pun enak sehingga membuat banyak orang memilih untuk makan disini.

19. Bebek Goreng Lik Cip

Jalan-jalan ke Baturraden, mungkin tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke salah satu warung makan yang satu ini. Ya, Warung makan Bebek Goreng Lik Cip. Warung makan ini berada di Jl. Raya Baturraden Timur. Bebek Goreng Lik Cip selalu ramai pengunjung saat siang hari sampai dengan malam hari.

Warung makan ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang luas, tetapi menu Bebek goreng di tempat ini begitu empuk, gurih dengan bumbu yang pas dan termasuk besar ukuran bebeknya. Dengan sambal hijau yang pedes dicampur dengan bebek goreng yang empuk menjadikan perpaduan yang sangat lezat menjadikanya tempat makan terbaik di purwokerto

20. Bakso Samiasih

Bagi Kamu yang gemar makanan berkuah seperti bakso dan soto, di Jalan Pramuka No 23 terdapat warung bakso dan soto legendaris, dengan cita rasa gurih dan segar. Warung tersebut bernama Bakso dan Soto Sami Asih. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1974, dan merupakan tempat makan yang sangat populer di Kota Purwokerto.

Bakso Sami Asih terkenal dengan kenyalnya bakso dan kuah super gurih yang dibuat dari kaldu kental. Dengan porsi yang jumbo membuat warung ini tidak pernah sepi pengunjung dan menjadi incaran wisatawan.

Selain bakso terdapat juga menu soto yang bisa Kamu pilih, yaitu Soto Sokaraja dengan menggunakan ketupat, soto ayam kampung, dan soto daging sapi.Terdapat dua varian bakso diantaranya dengan isian telur dan bakso urat serta topping dengan tetelan.

Dari warung nasi rames hingga restoran seafood, Purwokerto memiliki kekayaan kuliner yang layak dieksplorasi. Setiap tempat makan memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri yang membuatnya menjadi favorit di hati para penikmat kuliner. Jadi, jika kamu berkunjung ke Purwokerto, pastikan untuk mencicipi beragam hidangan lezat dari tempat-tempat makan terbaik yang telah disebutkan. Dijamin, pengalaman kulinermu di Purwokerto akan menjadi kenangan tak terlupakan!

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar