Ad Code

Cara Membuat Absen di Google Form Ternyata Mudah Loh

cara membuat absen google form

Tau nggak sih kalian kalo membuat absen di google form itu mudah banget loh, kalian tinggal ikutin aja nih langkah-langkah sesuai informasi yang akan dijelaskan berikut. Yang kita tau nih kalo setahun belakangan ini banyak tuh yang make absensi via google form dan sering dilakukan pada berbagai jenjang pendidikan formal.

Dikarenakan pandemi yang tak kunjung usai nih memang bawa banyak perubahan yaa, nggak cuma pelaksanaan pembelajaran yang online, bahkan sampai absen aja sekarang jadi online. walaupun begitu, fungsinya tetap saja kok, yakni buat nyatet tingkat kehadiran para siswa siswi yang ikut pembelajaran secara online setiap harinya.

Nggak cuma berlaku pada bidang pendidikan nih, penggunaan absensi berbasis google form bahkan juga bisa dengan mudah diterapkan kepada para pekerja di berbagai perusahaan loh, perkantoran dan juga instansi kerja lainnya. Hal semacam itu sangat mungkin terjadi dan harus dilakukan bilamana sewaktu-waktu harus kembali dihadapkan pada situasi “work from home” pada saat PPKM level 6.

Nah, langkah awal yaitu membuat google form bisa dilakukan melalui Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:
  • bukalah google drive, lalu klik pada“new” yang letaknya berada pada posisi sebelah kiri tampilan layar google drive.
  • Setelah meng-klik “new”, maka akan muncul beberapa opsi,
  • lalu pilih “Google Forms”.
Nah kalo udah buka halaman google form, langkah berikutnya adalah tahapan dalam membuat absen di google form yang akan dirinci sesuai tahapan-tahapannya berikut ini ;
  • Setelah membuka google form, langsung saja klik pada menu formulir kosong.
  • Setelahnya, tambahkan formulir kosong tersebut dengan judul dan keterangan deskriptif pada formulir. Caranya mengisinya dengan meng-klik pada setiap kolom.
  • Buatlah kolom nama dengan meng-klik pada bagian kolom deskripsi, kolom tersebut wajib diisi sesuai dengan kebutuhan kalian dalam membuat absensi via google form.
  • Editnya opsi jawaban menjadi “jawaban singkat” dan jangan lupa mengaktifkan fitur “wajib diisi”.
  • Menambahkan kolom jadwal dengan meng-klik “+” sesuai kebutuhan.
  • Tambahkan juga kolom keterangan dengan meng-klik “+”.
  • Buatlah Link dengan cara meng-klik “kirim” yang terletak pada bagian sebelah sudut kanan atas formulir.
  • Klik “ikon link” lalu pilih keterangan “perpendek link” lalu klik “salin link” agar link menjadi aktif dan link absensi siap dibagikan.
Nah, itu dia penjelasan tentang cara membuat absen di google form, caranya gampang banget kan tinggal klik-klik aja trus isi sesuai isi absen. Lalu jangan lupa bagikan dengan teman agar mereka tidak lupa untuk absen, semoga bermanfaat yaa.

Baca juga artikel yang baru terbit baru-baru ini:


Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar