Bukan Review dan Cerita

Jumat, 13 November 2020

Kata Siapa Menulis Itu Mudah?

Beberapa orang masih aja beranggapan bahwa menulis itu mudah. Eh, nanti dulu. Maksudnya ini nulis apa nih? Nulis catatan tagihan utang atau nulis daftar belanjaan? Kalo itu mah emang gampang. Tapi yang gue maksud di sini itu nulis yang punya tujuan untuk memengaruhi orang lain. Influence.

Oke, kita batasin ya. Artikel ini ngebahas apa benar menulis untuk memengaruhi orang lain itu mudah?

Gue pernah dibilangin sama salah satu dosen pas gue kuliah dulu. Beliau pernah ngomong gini…

menulis itu mudah
gambar gue comot di pexels dari John-Mark Smith


“Menulis itu keterampilan berbahasa tingkat paling akhir”

Dari situ gue mulai berpikir. Ada benernya juga sih. Soalnya nih, seinget gue ya yang kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, keterampilan menulis itu ditaro di tingkat akhir gitu. Pertama membaca, menyimak, berbicara, baru menulis deh. 

Sekarang, coba sama-sama kita bayangin…

foto dan video asusila gisel
gue ngambil foto ini dari tribunnews.com ya

Weh, bukan bayangin yang ini…

Maksud gue bayangin lo diminta nulis tentang diri lo untuk dipromosikan. Semacem jual diri gitu. 

Maap ya bahasanya kasar. Jual diri disini itu, supaya orang lain tuh bisa tau lo itu punya kemampuan apa sih. Punya kelebihan apa sih selain berat badan.

Bayangin sebuah lembaran microsoft word yang kosong putih gitu. Terus lo harus menuliskan keunggulan lo. Ceritain deh.


Bisa aja lo isi asal-asalan kan dengan kalimat…

“Saya pintar, saya pandai menggunakan aplikasi kakao talk”

kakao talk indonesia
gue comot dari pulsenews.co.kr


Tapi apa bisa orang tertarik kalo gaya penulisan lo seperti itu? Maka dari itu sulit kan menulis tentang diri sendiri yang ingin dijual?

Itu baru kesulitan pertama. Nulis yang ngga pake riset dan wawancara sana-sini. Kalo pake riset segala plus wawancara. Wah, bisa makin sulit sih. Kalo gue pribadi sih ya, nulis yang bener-bener pake sumber data yang valid itu emang sulit loh. Harus bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Validitasnya.

Nulis puisi aja nih ya, menurut gue tuh sulitnya minta ampun loh. Lo harus menghidupkan semua indra yang ada dalam diri lo buat nangkep tanda-tanda disekitar dan mengubahnya ke dalam diksi gitu.

Makanya gue tuh salut banget sama teman-teman penulis di luaran sana. Entah lo sebagai jurnalis, writer, penulis caption, atau apa pun itu. Bisa jago banget nulis plus riset yang begitu mendalam. Publish dalam waktu yang singkat pula.

ampun bang jago


Beda sama gue ya, blog pribadi aja diurusinnya juga kadang-kadang. Kayak gini ini nih, lagi pengen nulis aja baru nulis deh di blog. Jangan ditiru ya teman-teman.

Gue ngga mau bahas panjang-panjang ah kalo ada yang bilang menulis itu mudah. Tapi, mungkin satu yang bisa teman-teman catet nih. Kalo nulis udah jadi hobi buat lo, sesulit apa pun itu bakalan lo jalanin. 

Kenapa?

Karena sayang.
Share:

Jumat, 11 September 2020

Lagi, PSBB di Jakarta Harus Ngapain Nih?

PSBB di Jakarta secara total udah dimulai lagi tanggal 14 September 2020. Pas denger pemberitaan seperti itu, reaksi lo seperti apa? Pro? Atau kontra? Kalau gue ditanyain pertanyaan semacam itu jawabannya gue separoh hati bakal ngejawabnya. Kenapa? Banyak faktor dan alasannya sih. Gue mungkin akan curhat sih jadinya disini..wkwkwk gapapa lah ya.

psbb jakarta patung selamat datang

sumber foto: matamatapolitik.com

Alasan pertama emang agak mengkhawatirkan nih jumlah ketersediaan ruang perawatan khusus di rumah sakit rujukan. Lebih dari itu, jumlah blok makam khusus COVID-19 di Pondok Ranggon, Jakarta Timur, juga semakin menipis kan? Artinya, bisa jadi ada kemungkinan Jakarta menjadi seperti Ekuador (kalau ngga salah). Di negara itu sempat di awal-awal pandemi gue ngeliatnya tuh banyak mayat yang ditelantarkan karena emang ngga cukup tempat pemakamannya gitu.

Bayangkan jika pemprov DKI ngga menarik rem darurat buat PSBB total lagi? Ada yang kena COVID terus dikemanain? Kremasi? Yakin? Kalo gue pribadi sebagai seorang muslim sih ngga mau ya.

Udah, sekarang lanjut alasan kedua kenapa gue separoh hati menerima PSBB Jakarta ini. Hukumannya, menurut gue kurang tegas aja sih. Maksudnya gini, oke kalo emang niatannya diberikan semacam terapi kejut gitu. Dimasukin ke ambulans atau bahkan dimasukin keranda terus suruh baca tahlil di makam. Teman-teman pasti tahu sendiri lah ya tabiat orang-orang Indonesia, ndableg, kalo dalam bahasa Jawa mah. Sulit dibilangin. Bisa aja loh, hukuman seperti itu malah dianggap pengalaman lucu buat segelintir orang.

“Terus ngapain harusnya Ted?”

Pertegas aja. Kalo emang udah jadi status kedaruratan gitu, kenapa ngga beri wewenang aja untuk ditahan? Suruh milih, mau denda, atau ditahan. Tapi, sepertinya yo ngga mungkin melakukan penahanan. Kenapa? Jawabannya ada di alasan gue yang ketiga.

Alasan ketiga ini mungkin jadi alasan pamungkas kenapa gue akhirnya setuju ngga setuju penerapan PSBB lagi di Jakarta. Kesian euy sektor ekonomi masyarakat. Udah pada tau lah ya, kalo Indonesia itu diambang resesi. Baru awal bulan September diumumin deh, apa akhir Agustus gitu. Eh, pertengahan September malah penerapan full PSBB.

Cerita Gue Lainnya: 



Ibaratnya, luka yang belum sembuh habis jatoh pas kemarin awal-awal pandemi, baru mau kering, eh nyusruk lagi nyium aspal. Berdarah lagi deh. Nah itu mungkin yang dirasain sama beberapa teman-teman di luar sana. Boro-boro buat bayar denda karena melanggar protokol kesehatan, buat makan aja susah. Apalagi kalau sampe ada peraturan ditahan bagi pelanggar PSBB. Gimana mau cari uang makan?

psbb jakarta meme

sumber foto: pinterest.com

Beruntung buat teman-teman yang sekarang masih bekerja dan dibayar oleh tempat bekerjanya. Tapi, gue pribadi sih ngeliatnya kasian yang terkena dampak ini. Ngeliat banyak pengangguran karena operasional beberapa sektor yang ngga boleh buka (maksudnya sulit beroperasi atau operasinya ngga optimal), kebayangnya malah bisa naik angka kriminalitas loh. 

Bisa aja orang berpikir “nekat” kan? Maksud gue ngga menutup kemungkinan orang akan mencari jalan pintas untuk bertahan hidup gitu lho. Jangan salah tangkep ya teman-teman. 

Amit-amit sih kalo beneran kejadian mah. Jadi, emang bener kan? Macem buah simalakama aja nih, kalo PSBB ngga diterapin, faskes dan fasilitas pemakaman bisa collapse. Tapi, penerapan PSBB ini bisa jadi bikin beberapa sektor collapse juga. 

Intinya, harus ngapain nih kita?

Disclaimer:
Tulisan ini murni opini gue karena ngeliat situasi dan kondisi. Ngga ada maksud tertentu untuk memengaruhi pembaca

Share:

Minggu, 12 Juli 2020

Kenapa Ngga Coba Bimbel Online Ruangguru Sih?

Bimbingan Belajar saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi siswa di berbagai jenjang. Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas memerlukan bimbingan belajar yang dapat mendukung prestasi dan nilai di sekolah. Prestasi dan nilai yang baik tentunya akan membatu siswa dalam merencanakan dan menentukan masa depan dengan lebih mudah. Namun, di masa pandemi Covid-19 ini bimbingan belajar konvensional tidak menjadi pilihan karena adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi menuju Tatanan Normal Baru yang diberlakukan oleh pemerintah daerah di beberapa daerah terdampak COVID-19.

Alternatif yang ditawarkan adalah coba bimbel online. Salah satu bimbel online yang menjadi pilihan orang tua dan siswa adalah Ruangguru. Ruangguru menawarkan beberapa keunggulan yang tidak terdapat pada bimbingan belajar online pada umumnya. Keunggulan Ruangguru dibandingkan dengan bimbingan belajar online lainnya di antaranya seperti penyajian materi dilengkapi dengan sajian video dan soal, serta pembahasan yang komprehensif. Tidak hanya itu, Ruangguru juga menawarkan harga paket ruangguru yang terjangkau bagi orang tua murid khususnya di masa yang dirasa cukup sulit dalam hal finansial. Ruangguru selalu menawarkan harga paket ruangguru yang terjangkau, namun dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan kompetitornya.
coba bimbel online ruangguru

Selain harga paket ruangguru yang terjangkau, cara bayar ruangguru juga sangat mudah seperti melakukan pembelian belanja online. Cara bayar ruangguru dapat dilakukan debit ataupn kredit dengan beberapa varian merchant yang telah bekerja sama dengan Ruangguru. Kemudahan cara bayar ruangguru ini karena untuk melayani orang tua untuk dapat tetap memberikan pendidikan terbaik tanpa harus kesulitan dengan metode bayar. Keunggulan Ruangguru dibandingkan dengan bimbingan belajar lainnya, yaitu adanya fitur-fitur yang melimpah dan sajian materi yang menarik. Siswa dimanjakan dengan berbagai materi yang disajikan menarik dan menambah semangat belajar. Ruangguru memiliki fitur ruangguru yang tidak hanya dapat diakses via web, tetapi juga dapat diakses melalui aplikasi via telepon genggam pintar. Kemudian dengan menggunakan telepon genggam pintar maupun komputer, siswa dapat menemukan beragam video dengan animasi maupun infografis yang membantu siswa dalam memahami materi. 


Durasi yang dimiliki oleh setiap materi lebih kurang adalah 10 menit tentunya pasa dan tidak membosankan. Video tersbut juga dapat diunduh dan dinikmati oleh siswa secara berkala tanpa harus menggunakan paket data. Selain itu, setelah siswa menonton video, siswa juga diajak untuk mengerjakan latihan topik yang brguna untuk mengasah kemampuan siswa dalam mengerjakan dan menjawab soal yang tentunya akan membiasakan siswa dalam mengukur pemahaman siswa juga berguna untuk siswa dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, khsususnya dalam hal ini ujian nasional.
coba bimbel online ruangguru

Ujian Nasional yang selama ini menjadi momok bagi siswa, tentunya akan dibuat menjadi lebih mudah oleh Ruangguru karena Ruangguru menyajikan fitur bank soal yang dapat diakses setelah siswa berlangganan Ruangguru. Selain bank soal yang melimpah, keunggulan lainnya yang dapat dinikmati oleh setiap pengguna Ruangguru adalah try out. Try Out ini tentunya akan menambah jam terbang siswa untuk mengasah kemampuan dan mengukut kemampuan siswa dalam memahami materi dan menjawab soal. Fitur baru ruangguru yang ditambahkan untuk membuat pengalaman sisw dalam menggunakan Ruangguru semakin khas dan unik yaitu fitur baru ruangguru yang dijuluki Ruangguru Adventure dan Ruangguru Pet. Kedua fitur baru ruangguru tersebut menawarkan pengalaman bermain sambil belajar yang seungguhnya, di mana siswa akan menjalankan misi yang berkaitan dengan materi pelajaran dan apabila misi berhasil dijalankan, makan akan ada tambahan poin atau XP sehingga siswa dapat meng-upgrade avatar. Segala keunggulan yang ditawarkan oleh Ruangguru ini membuat review Ruangguru dalam berbagai situs berbagi aplikasi sangat baik, contohnya Play Store menyentuh angka 4,7 dan 4,8 di AppStore dari ribuan review yang puas belajar pakai Ruangguru. Hal ini yang membuat Ruangguru semakin percaya bahwa Ruangguru semakin dipercaya tidak hanya siswa tetapi orang tua untuk “menitipkan” anaknya belajar bersama Ruangguru.
Share:

Jumat, 03 Juli 2020

4 Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Bimbingan belajar alias bimbel online adalah gaya baru di era digital. Konsep bimbel yang satu ini dianggap lebih mudah dan menyenangkan karena tidak mengharuskan siswa dan pengajar bertemu langsung. Hal ini karena pembelajaran dilakukan secara online dengan sambungan internet. 

Banyak sekali bimbel online di Indonesia yang bisa kamu coba. Hanya modal smartphone dan internet, kamu sudah bisa akses aplikasi bimbel online. Nah, berikut adalah beberapa aplikasi bimbel online  terbaik yang bisa menjadi rekomendasi kamu:  

1.Ruangguru 
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. Bagaimana layanan yang diberikan oleh Ruangguru? 

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi mulai dari layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, hingga konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. 

Ada beberapa fitur menarik dari Ruangguru mulai dari Ruangbelajar, Ruangbelajar Plus, Ruangles, Ruanglesonline dan Ruanguji. Beberapa fitur tersebut akan membantu kamu dalam mencari guru privat secara online, mendapat bimbingan belajar, bisa tryout gratis dan berbagai keuntungan lainnya. 

Rating aplikasi Ruangguru cukup tinggi lho yakni mencapai 4,7 di Play Store dan 4,8 di AppStore dari ratusan ribuan review yang puas belajar pakai Ruangguru. Tampilan aplikasi Ruangguru juga sangat bagus dan mempermudah kita buat akses mata pelajarannya karena bisa langsung diakses dari homepage. 

2.Quipper 

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Sejak tahun 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dengan turut menyediakan, memperbaiki, dan mendistribusikan pendidikan berkualitas untuk guru dan siswa.