Ad Code

English Academy Center vs English First, Pilih yang Mana Ya?

 

tempat les bahasa inggris terbaik

Kursus Bahasa Inggris (Sumber: unsplash.com)

Kursus bahasa Inggris semakin menjadi kebutuhan tak terhindarkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, baik yang masih berusia dini maupun yang sudah dewasa. Hal ini didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi dan globalisasi yang membuat komunikasi antara satu negara dengan negara lain menjadi lebih mudah dilakukan. Komunikasi antarnegara ini tentunya dilakukan dengan bahasa internasional yakni bahasa Inggris.


Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara negara satu dengan negara lainnya, tentunya akan membuat kerjasama antarnegara menjadi lebih baik pula. Mulai dari kerjasama di bidang pendidikan, ekonomi, hingga politik akan terjalin dengan baik dan harmonis. Hal ini membuat kesempatan untuk menempuh pendidikan dan bekerja di luar negeri semakin terbuka lebar bagi masyarakat, dengan syarat kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki harus mumpuni. 


Tidak hanya untuk bersekolah dan bekerja di luar negeri, di dalam negeri pun, kemampuan bahasa Inggris juga seringkali menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh pendaftar. Oleh karena itu, bimbel bahasa Inggris akan selalu dibutuhkan dari masa ke masa.


Lalu, ada apa saja sih, tempat les bahasa Inggris terbaik yang tersedia di Indonesia? Dua di antaranya yang sangat populer yaitu English Academy Center dan English First. Tapi dari dua bimbel ini, kira-kira mana yang lebih baik untuk dipilih? Mari kita bandingkan bersama!


Perbandingan Paket Belajar dan Fasilitas


Pertama-tama, kita mulai perbandingan antara English Academy Center vs English First dari sisi paket belajar dan fasilitas yang disediakan oleh masing-masing bimbel. Untuk mengetahui detailnya, langsung saja baca ulasan berikut ini!


Baca juga: Les Bahasa Inggris Offline di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan


1. English Academy Center


Di English Academy Center, kamu bisa memilih paket yang paling sesuai dengan usia dan kebutuhanmu. Pilihan paket yang tersedia yaitu:


a. Runner

  • Untuk usia 7-10 tahun
  • Menggunakan buku Power Up by Cambridge
  • Bisa konsultasi secara berkala dengan pengajar


b. Sprinter

  • Untuk usia 11-14 tahun
  • Menggunakan buku Citizen Z by Cambridge
  • Belajar sambil bermain dengan permainan edukasi


c. Ranger

  • Untuk usia 15-18 tahun
  • Menggunakan buku Talent by Cambridge
  • Menyediakan sarana latihan seperti kuis


d. Explorer

  • Untuk usia 18 tahun ke atas
  • Menggunakan buku Evolve by Cambridge
  • Ada kelas tambahan untuk latihan speaking


Bagi yang masih duduk di bangku sekolah, bisa memilih paket Runner, Sprinter, atau Ranger sesuai rentang usia masing-masing. Sedangkan bagi yang sudah duduk di bangku kuliah, dewasa, maupun profesional, bisa memilih paket Explorer.


2. English First


Tidak jauh berbeda dengan English Academy Center, di English First juga tersedia kursus bahasa Inggris untuk anak dan remaja, serta untuk profesional. Paket-paket yang tersedia yaitu:


a. Small Stars

  • Untuk usia 3-6 tahun
  • Anak akan mengikuti salah satu dari empat buku kursus English First yang menyenangkan
  • Anak dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kognitif secara umum


b. High Flyers

  • Untuk usia 7-9 tahun
  • Terdiri atas delapan tingkat yang komprehensif
  • Anak akan menikmati kursus yang menyenangkan dengan petualangan karakter animasi yang lucu
  • Setiap siswa akan mendapatkan akses eksklusif Grammar Pro sehingga dapat belajar tata bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja


c. Trailblazers

  • Untuk usia 10-14 tahun
  • Silabus kursus berkisar seputar topik dunia nyata yang menarik dan sesuai dengan kurikulum bahasa Inggris nasional
  • Setiap siswa akan mendapatkan akses eksklusif Grammar Pro sehingga dapat belajar tata bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja


d. Frontrunner

  • Untuk usia 15-18 tahun
  • Dikembangkan secara khusus untuk melengkapi kehidupan remaja yang penuh kesibukan, dan membantu mereka mencapai tujuan belajar
  • Setiap siswa akan mendapatkan akses eksklusif Grammar Pro sehingga dapat belajar tata bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja


e. EF Adults

  • Untuk usia 18 tahun ke atas
  • Menyajikan metode belajar Bahasa Inggris yang lebih cepat untuk dipahami
  • Dirancang khusus untuk dewasa dan profesional
  • Bisa belajar online dengan guru secara pribadi maupun kelompok


Dilihat dari pilihan paketnya, antara English Academy Center vs English First tidak terlalu berbeda jauh, hanya detail jenjang usia untuk setiap paketnya saja yang sedikit berbeda. Namun, untuk English Academy Center dapat dibilang lebih unggul dibanding English First karena tertera jelas bahwa setiap paket menggunakan kurikulum internasional Cambridge sebagai pedoman atau dasar bahan ajarnya. Sementara pada English First, tidak tertera jelas kurikulum apa yang digunakan. Hal ini tentu menjadi poin plus tersendiri bagi English Academy Center karena peserta bisa mencari tahu terlebih dahulu seperti apa kurikulum yang digunakan sebelum memulai kursus.


Baca juga: Les Bahasa Inggris Tatap Muka di English Academy Center, Yuk!


Perbandingan Harga


Setelah melihat perbandingan dari segi paket belajar dan fasilitas, selanjutnya kita akan membahas perbandingan English Academy Center vs English First dari segi biaya atau harga. Apakah harganya jauh berbeda atau masih terbilang setara? Mari kita lihat pembahasannya!


1. English Academy Center


Harga yang harus dibayarkan berbeda-beda tergantung paket yang kamu daftar. Untuk paket Runner, Sprinter, dan Ranger, tersedia harga mulai dari Rp5.250.000 untuk masa belajar tiga bulan. Sedangkan untuk paket Explorer, tersedia harga mulai dari Rp5.750.000 untuk masa belajar tiga bulan.


2. English First


Untuk English First sendiri, harga setiap paket tidak tertera pada website maupun blog resmi English First. Peserta harus memasukkan nomor telepon pada formulir untuk mengetahui harga dan biaya kursus di English First. Nantinya course consultant English First akan menghubungi peserta dan memberikan informasi lengkap mengenai program yang ingin diambil termasuk informasi mengenai biaya.


Karena harga kursus di English First tidak diinformasikan secara gamblang seperti English Academy Center, maka dari segi harga, kita tidak bisa membandingkannya secara fair. Namun, kita bisa memberi poin plus bagi English Academy Center karena dengan menginformasikan rentang biaya kursus secara gamblang di website, membuat peserta menjadi tahu seberapa banyak biaya yang harus disiapkan sebelum mereka memutuskan untuk mendaftar kursus tanpa harus menghubungi contact person English Academy Center terlebih dahulu. 


Sedangkan untuk English First, kita harus mengisi formulir terlebih dahulu dan menunggu dihubungi oleh contact person English First untuk mengetahui biaya kursusnya, padahal belum tentu kita ingin mendaftar lebih lanjut. Tapi tidak ada salahnya juga berkonsultasi terkait biaya dengan contact person English First, jika kamu memang benar-benar ingin tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk kursus di sana.


Demikian review mengenai tempat les bahasa Inggris English Academy Center vs English First. Semoga artikel ini bisa membantu kamu menentukan kursus bahasa Inggris mana yang ingin kamu pilih, ya. Semoga lancar belajar bahasa Inggrisnya!

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar