Ad Code

Cara Presentasi yang Baik untuk Mahasiswa

Kamu harus menguasai materi dengan baik agar bisa menjelaskannya pada audiens.


Presentasi menjadi bagian dari tugas harian mahasiswa dalam berbagai kesempatan misalnya rapat, tugas kuliah, seminar, kegiatan organisasi, dan sebagainya. Mempunyai kemampuan dan cara presentasi yang baik untuk mahasiwa sangatlah penting agar bisa memberikan presentasi yang baik. Menyampaikan presentasi memang membutuhkan skill komunkasi yang baik, namun kamu juga membutuhkan beberapa tips berikut ini.

Kuasai materi dengan baik

Persiapan sebelum waktu presentasi sangat penting. Kamu harus menguasai materi dengan baik agar bisa menjelaskannya pada audiens. Materi yang dipahami tidak hanya yang ditampilkan dalam slide saja namun juga materi-materi lain yang masih berkaitan. Dengan penguasaan materi yang baik, kamu tidak hanya bisa mempresentasikan makalah dengan lancar namun juga bisa menjawab pertanyaan audiens dengan baik.

Buat desain slide menarik

Biasanya presentasi didukung dengan slide powerpoint untuk menampilkan inti materi. Kamu bisa membuat desain slide yang menarik namun tetap mudah terbaca. Hindari menggunakan font yang rumit karena sulit dipahami audiens. Pastikan juga gambar yang digunakan tidak menutup bagian teks. Selain itu, kamu harus menyusun materi secara terstruktur sehingga audiens bisa memahami materi dengan baik.

Buat pembukaan yang menarik

Pembukaan presentasi menentukan apakah kamu bisa mendapatkan perhatian audiens atau tidak. Faktanya kamu hanya mempunyai 60-90 detik untuk membuat audiens terkesan dan memperhatikan presentasi. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuka presentasi misalnya dengan memberikan pertanyaan, quotes atau kutipan, memutar video pendek, bercerita, dan sebagainya.

Padukan komunikasi verbal dan non-verbal

Kamunikasi yang lancar menentukan kesuksesan presentasi. Kamu harus bisa mengatur intonasi dan kecepatan berbicara agar audiens bisa memahami apa yang disampaikan, kalau kamu berbicara terlalu cepat, audiens mungkin tidak memahami isi presentasi dengan baik. Selain itu, kamu juga harus mempunyai komunikasi non-verbal yang baik seperti kontak mata dan gestur tubuh. Usahakan selalu mempertahankan kontak mata sehingga kamu merasa terhubung dengan audiens.

Hindari membaca slide presentasi

Meskipun kamu sudah membuat slide presentasi yang menarik, namun bukan berarti kamu bisa membacanya saat presentasi. Kalau sekedar membaca saja audiens juga bisa dan hal tersebut membuat audiens kurang nyaman. Kamu harus bisa menyampaikan dan menjelaskan apa yang ada dalam slide presentasi tersebut dengan cara yang menarik sehingga audiens tidak bosan. Membaca slide powerpoint saja juga akan membuat presentasi kamu menjadi monoton dan tidak menarik.

Cara presentasi yang baik untuk mahasiswa memang bisa bervariasi tergantung dengan konteks. Kamu bisa menyesuaikan cara presentasi dengan materi yang akan dibawakan. Selain itu, perhatikan juga siapa audiens dalam presentasi sehingga kamu bisa menentukan gaya berbicara dan cara menyampaikan materi.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar