Ad Code

Contoh Salam Pembuka dan Penutup Acara

Pembuka dan penutup acara ini sama pentingnya dengan acara inti sehingga harus benar-benar diperhatikan.


Tugas seorang pembawa acara tidak hanya memandu jalannya acara namun juga membuka dan menutup suatu acara. Struktur sebuah acara pada umumnya terdiri dari tiga elemen yaitu pembukaan, acara inti, dan penutup. Pembuka dan penutup acara ini sama pentingnya dengan acara inti sehingga harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini beberapa contoh salam pembuka dan penutup acara.

Salam pembuka acara

Secara formal, struktur pembuka pidato terdiri dari tiga elemen yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Namun untuk acara non-formal, struktur pembuka pidato bisa disesuaikan dengan acaranya. Berikut ini struktur pembuka acara yang umum digunakan.

· Salam pembuka – salam pembuka digunakan untuk menyapa para tamu undangan dan juga menandakan bila acara hendak dimulai.

· Ucapan penghormatan – meski tidak harus, pembawa acara bisa memberikan ucapan penghormatan untuk tamu dengan jabatan tinggi.

· Ucapan syukur – ucapan syukur dibacakan untuk berterima kasih kepada Tuhan dan juga tamu undangan yang sudah hadir.

Contoh:

Asslamualaikum wr,wb

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Yth, bapak/ibu (tamu dengan jabatan tertinggi)

Yth, Bapak/ibu tamu undangan,

Alhamdulilah, puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT karena atas berkahnya kita bisa berkumpul di acara (nama acara) dalam keadaan sehat dan bahagia.

Saya (nama kamu) selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara untuk hari ini.  

Salam penutup acara

Salam penutup acara menjadi tanda bila acara sudah usai. Pembawa acara menyampaikan salam penutup setelah semua rangkaian acara selesai dengan beberapa format. Umumnya, salam penutup acara terdiri dari ucapan syukur karena acara berlangsung dengan lancar atau bisa juga ucapan terima kasih pada tamu undangan yang sudah mengikuti jalan acara dengan baik. Tidak lupa pembawa acara juga menyampaikan doa dan harapan saat menutup sebuah acara.

Contoh:

Puji syukur kita sudah sampai pada rangkaian acara yang terakhir, yaitu penutup. Marilah kita bersama saling mengingatkan dan mengambil hikmah dari apa yang sudah disampaikan dalam seminar. Semoga apa yang didapat dalam seminar hari ini berguna untuk kita semua.

Sekian acara seminar pada hari ini. Saya selaku pembawa acara menyampaikan terima kasih kepada para narasumber, moderator, panitia, dan juga tamu undangan yang sudah berpartisipasi dalam acara ini.Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Wassalamualaikum wr.wb

Membuat contoh salam pembuka dan penutup acara bisa divariasikan sesuai dengan acara. Untuk acara formal, Bahasa yang digunakan juga formal dan dengan format yang biasa digunakan. Namun untuk acara non-formal seperti acara ulang tahun bisa dikreasikan sesuai dengan kebutuhan. Salam pembuka dan penutup bisa diselipkan dengan humor atau pantun untuk mencairkan suasana. Namun sebaiknya tetap dibuat dengan singkat dan padat agar tidak menganggu acara inti.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar