Ad Code

Tugas Malaikat Mikail yang Wajib Kamu Tahu

Tugas Malaikat Mikail yang Wajib Kamu Tahu

Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang tercipta dari nur atau cahaya. Malaikat memiliki mukjizat karena ia diciptakan tanpa memiliki hawa nafsu. Dalam Islam, meyakini keberadaan Malaikat termasuk ke dalam rukun iman, yaitu rukun yang kedua. Ada 10 Malaikat yang wajib diimani keberadaannya, salah satunya adalah Malaikat mikail. Sama halnya dengan makhluk Allah SWT lainnya, Malaikat mikail memiliki tugas utama untuk beribadah kepada Allah. Namun selain tugas untuk beribadah, tugas Malaikat Mikail lainnya adalah memberi rezeki kepada makhluk hidup. Berikut ini adalah ulasan tentang tugas-tugas Malaikat mikail yang wajib kita ketahui.

Pemberi Rezeki Kepada Makhluk Hidup


Malaikat Mikail diminta oleh Allah SWT untuk menurunkan rezeki kepada semua makhluk. Mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan. Rezeki yang diwariskan ini tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dalam bentuk hujan dan angin.

Menurunkan Hujan


Air adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan makhluk hidup. Namun, air juga bisa membawa bencana atau malapetaka jika tidak diolah dengan baik. Oleh karena itu, Allah mengutus Malaikat mikail untuk mengatur air dalam kehidupan makhluk hidup dengan cara memberi hujan. Tugas Malaikat Mikail ini terdapat pada Kitab Al Bidayah Wan Nihayah, dimana dijelaskan Malaikat mikail bertugas menurunkan hujan. “Tidak ada setetes air pun yang turun dari langit melainkan disertai oleh Malaikat yang mengantarkannya ke tempatnya (bumi).”

Menahan matahari


Dalam satu kisah, Rasulullah memimpin sebuah jamaah bersama para sahabat. Dijelaskan bahwa Malaikat Jibril memegang punggung Nabi agar kepalanya tetap tertunduk dan Malaikat Mikail memegang matahari dengan sayapnya agar waktu fajar berlangsung lebih lama. Setelah berdoa, salah satu sahabat bertanya tentang busur yang lebih panjang. Rasulullah SAW tidak tahu, dan Malaikat Jibril lah menjelaskan masalahnya.

“Wahai Muhammad, Ali tergesa-gesa untuk ikut berjamaah, tetapi di depannya ada seorang lelaki tua Nasrani yang berjalan sangat pelan. Ali pun tidak mau mendahuluinya karena ia sangat memuliakan lelaki tua itu! Karena itu Allah memerintahkan aku untuk menahanmu dalam ruku’, agar ia dapat ikut jamaah”

Menemani Tugas Malaikat Jibril


Saat itu Malaikat Jibril diutus oleh Allah SWT untuk menyucikan Rasulullah. Saat dalam menjalankan tugasnya, Jibril dibantu oleh Malaikat Mikail yaitu untuk mengambil air zam-zam. Bahkan saat menjalankan tugasnya dalam isra’ mi’raj, Jibril juga ditemani oleh Malaikat Mikail. Malaikat Mikail juga pernah membantu Malaikat Jibril menyampaikan lembar pencabutan nyawa kepada malaikat maut. Dalam lembar tersebut tertulis nama, tempat, dan penyebab kematian.Begitulah tugas Malaikat Mikail. Dijelaskan juga bahwa Malaikat Mikail tidak pernah tertawa semenjak ia diciptakan di surga. Hal ini disampaikan Jibril saat menjawab pertanyaan Rasulullah ketika perjalanan Isra` Miraj.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar