Ad Code

Kisah Malaikat Pencabut Nyawa

malaikat pencabut nyawa

Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya (nur). Malaikat memiliki sifat dan tugas berbeda-beda yang sesuai dengan perintah-Nya. Dalam islam, ada 10 malaikat yang diutus oleh Allah SWT untuk menjalankan perintah-Nya. Salah satunya adalah malaikat Izrail.

Malaikat Izrail adalah salah satu malaikat utusan Allah yang memiliki tugas untuk mencabut nyawa atau yang lebih kita kenal sebagai malaikat kematian atau malaikat maut. Selain memiliki tugas sebagai pencabut nyawa, malaikat Izrail juga diberikan mukjizat yang luar biasa, yakni dapat menjangkau seluruh wilayah saat hendak mencabut nyawa seseorang dan membolak-balikkan dunia dengan mudah. Lalu, bagaimana kisah malaikat izrail, malaikat pencabut nyawa dan apa saja tugasnya menurut agama Islam? Nah, kali ini kita akan membahas tentang tugas malaikat pencabut nyawa.

Kisah Izrail, malaikat pencabut nyawa.

Malaikat Izrail akan selalu mendatangi setiap insan dan akan bertugas menjadi pencabut nyawa saat ajal seseorang tiba. Tugas malaikat Izrail akan menarik ruh manusia sampai terlepas dari jasadnya. Kisah Izrail sebagai malaikat pencabut nyawa, berawal saat Allah SWT memerintahkan malaikat Izrail beserta malaikat Jibril, Israfil, dan Mikail untuk mengambil tanah ke bumi dan menciptakan nabi Adam a.s. Sebelum mengutus malaikat Izrail, Allah terlebih dahulu mengutus malaikat Jibril buat mengambil tanah ke bumi. Namun, malaikat Jibril gagal mengambil tanah karena bumi bersumpah atas nama Allah bahwa tidak sanggup menanggung beban manusia di bumi.

Hingga akhirnya, Allah SWT memerintahkan malaikat Izrail buat turun ke bumi dan mengambil tanah. Berbeda dengan tiga malaikat lain, malaikat Izrail langsung memukul bumi menggunakan pedangnya, dan membuat bumi bergetar ketakutan. Kemudian, malaikat Izrail segera mencabutnya (merogoh tanah) segenggam.

Malaikat Izrail kemudian kembali menghadap Allah SWT dengan membawa segenggam tanah itu. Allah SWT bertanya pada malaikat Izrail, “Mengapa engkau tidak mengikuti sumpahnya (bumi)?”

Malaikat Izrail kemudian menjawab, “Perintah-Mu lebih aku takuti dan aku ikuti daripada sumpahnya.”

Kemudian, Allah SWT berfirman, “Engkaulah malaikat pencabut nyawa.”

Itulah alasan Allah SWT memerintahkan malaikat Izrail untuk menjadi pencabut nyawa tiap-tiap hambanya.

Tugas malaikat Izrail dalam Islam

Tugas utama para malaikat Izrail adalah mencabut nyawa makhluk hidup, bahkan bukan hanya manusia. Dalam mencabut nyawa, malaikat Izrail akan langsung mengambil nyawa para nabi dan wali Allah, sedangkan untuk pencabutan nyawa makhluk hidup lainnya akan dibantu oleh pembantu-pembantunya..

Ibnu Katsir dalam karyanya Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa malaikat Izrail dibantu oleh malaikat-malaikat lain. Sebagaimana Ibn Asur al-Tunisi at al-Tahrir wa al-Tanwir:

Itulah kisah Izrail, malaikat pencabut nyawa dan tugasnya dalam Islam. Semoga bisa menambah wawasan kita semua dan kita dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena kita tidak tahu kapan akan menghadapi ajal.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar