Ad Code

Doa Untuk Orang Meninggal yang Bisa Kita Amalkan

doa untuk orang meninggal

Kematian merupakan takdir Tuhan yang tidak dapat kita hindari, oleh karena itu ada baiknya kita mengamalkan doa untuk orang meninggal agar senantiasa mengingat akan kebesaran Allah SWT. Biasanya, doa ini bisa dipanjatkan saat acara tahlil atau pada saat ziarah ke makam.

Berikut merupakan doa untuk orang meninggal sesuai dengan sunnah nabi :

Doa Ketika Mendengar Orang Yang Meninggal

Dari Abu Musa dalam hadits riwayat Tirmidzi, dianjurkan untuk mengucapkan istirja ketika mendengar seorang anak adam yang meninggal. Berikut bacaannya :

Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun.

Artinya : “Sesungguhnya kami berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.”

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-Laki

“Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah-Nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

“Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.”

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar