Ad Code

Pengertian, Syarat, dan Manfaat Ziarah

ziarah adalah


Pengertian Ziarah


Ziarah adalah salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Kadang-kadang, ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri. Orang yang melakukan perjalanan ini disebut peziarah..

Ziarah kubur secara makna terdiri atas 2 kata, yakni ziarah dan kubur. Kata ziarah berasal dari bahasa Indonesia yang bermakna sebagai kunjungan ke tempat yang dianggap keramat, pada umumnya merupakan makam ulama. Sementara itu, berziarah dapat dimaknai sebagai suatu kunjungan ke tempat yang dianggap keramat atau mulia seperti makam seorang Ulama.

Namun, kalimat ziarah sendiri pada dasarnya berasal dari bahasa Arab yakni kata ziyarah yang berarti menziarahi, ataupun mengunjungi. Maka, secara harfiah, kata Ziyarah dapat diartikan sebagai kunjungan, baik kepada orang yang masih hidup atau yang sudah meninggal.


Manfaat Ziarah


Menjadikan kita lebih mengingat kematian

Kematian merupakan suatu kepastian bagi setiap makhluk hidup ciptaan Tuhan, termasuk manusia. Maka, dengan memutuskan untuk berziarah ke makam seorang ulama ataupun wali akan memberikan manfaat, yakni agar bagaimana seorang peziarah bisa mengingat kematian yang bisa datang setiap saat serta lebih meneladani sikap beserta amalan baik yang sudah ditinggalkan seorang ulama ataupun wali yang sedang diziarahi makamnya.

Menjadikan kita tidak terlena oleh persoalan dunia

Melakukan ziarah ke makam seorang wali ataupun ulama jusru memberikan manfaat beserta hikmah bahwa dalam hidup di dunia ini, bukanlah segala-galanya. Persoalan dunia merupakan hal yang penting namun tidak dianjurkan untuk terlena lalu melupakan persoalan untuk menuju akhirat.


Semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT

Segala ketetapan hidup dan matinya manusia merupakan kuasa Allah SWT yang tak terhingga. Maka, dengan melakukan ziarah ke makam seorang wali ataupun ulama akan memberikan manfaat penyadaran akan pentingnya untuk terus berdzikir mengingat Allah SWT.

Syarat Melakukan Ziarah

  • Diutamakan berwudhu
  • Mengucap salam kepada ahli kubur
  • Memanjatkan doa kepada Almarhum
  • Membaca ayat-ayat pendek Al-Qur’an.
  • Jangan menginjak bagian atas kuburan
  • Jangan bertindak berlebihan.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar