Ad Code

Cara Bikin Pesawat dari Kertas yang Mudah

cara bikin pesawat dari kertas


Pesawat kertas menjadi mainan favorit anak-anak dan masa kecil yang tidak terlupakan. Cara bikin pesawat dari kertas sangat mudah hanya membutuhkan secarik kertas. Pesawat kertas bisa langsung dirakit dengan langkah-langkah berikut.

Lipat bagian tengah kertas


Kertas untuk membuat pesawat dapat menggunakan ukuran standar seperti di buku tulis. Lipat bagian tengah kertas pada sisi yang lebih panjang. Gunakan jari untuk menekan lipatan agar lebih kuat dan garis tengah kertas lebih jelas.

Lipat sudut atas ke tengah


Buka kembali lipatan kertas dan gunakan untuk batas lipatan segitiga. Lipat di bagian atas pada dua sisinya mengikuti garis tengah sehingga membentuk segitiga kecil. Buat lipatan yang rapi dan tekan menggunakan kuku di bagian tengahnya.


Lipat segitiga


Lipatan segitiga kecil dilipat kembali sehingga membentuk segitiga yang lebih panjang. Tekan di bagian tengah agar ujung segitiga tersebut runcing. Ikuti garis lipatan tengah supaya lipatan yang dibuat lebih rapi.

Lipat bagian tengah


Setelah membentuk dua lapisan segitiga, lipat kembali kertas menggunakan garis tengah yang sudah dibuat. Lipatan ini akan membuat lipatan sebelumnya tertutup.

Membuat lipatan sayap


Cara bikin pesawat dari kertas selanjutnya adalah membuat bagian sayap. Lipat sayap ke bagian luar mengikuti garis tengah. Rapatkan dengan kuku sehingga ujung pesawat lebih runcing dan rapi. Pesawat kertas siap untuk diterbangkan.

Pesawat kertas juga bisa dibuat dengan model lain yang lebih baik. Contohnya pesawat kertas model bullnose. Cara bikin pesawat bullnose ini menggunakan kertas dan beberapa langkah berikut.

Membuat lipatan segitiga kecil


Siapkan kertas yang sisinya rapi dan kemudian lipat pada bagian sudut kanan ke sisi kiri sehingga membentuk garis segitiga. Buat lipatan yang sama pada sisi kiri ke sudut kanan kertas.

Melipat kembali lipatan segitiga


Buka lipatan pertama dan buat lipatan lain untuk memenuhi lipatan pertama. Lipat lagi ada sisi kiri ke atas untuk menutup lipatan yang sudah dibuat.


Melipat sebagian tepi kertas


Buat lipatan di bagian tepi kertas untuk semua sisi pesawat.

Melipat kertas ke dalam


Selanjutnya lipat kertas ke arah dalam sehingga menyembunyikan semua lipatan yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan jari untuk membuat garis dan lipatan dari tepi dengan titik kanan dan kiri pesawat bertemu bersilangan.

Membuat sayap pesawat


Lipat ¼ sisi pesawat ke arah luar untuk bagian sayap pesawat. Buat lipatan pada sisi lain sehingga pesawat memiliki dua sayap. Lipat dengan sedikit miring dari garis tengah pesawat untuk membuat model bullnose. Itulah cara bikin pesawat dari kertas yang mudah untuk bermain anak-anak. Bisa tambahkan selotip ganda untuk merekatkan bagian dalam pesawatnya sehingga tidak mudah regang atau terbuka.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar