Ad Code

Mengenali Ciri Khas dan Contoh Esai Sastra

Contoh Esai Sastra


Halo gaes, pernah dengar istilah esai sastra? Jika belum, esai sastra adalah karangan dalam bentuk prosa yang membahas suatu masalah dari sudut pandang si penulis. Masih bingung? Lihat saja contoh esai sastra pada beberapa esai sastra berikut.

Pengertian esai sastra


Esai adalah karangan prosa yang isinya berupa pembahasan suatu masalah secara sepintas dan dari sudut pandang penulis. Esai sastra merupakan salah satu jenis sastra yang dapat berisi berbagai topik pembahasan. Dalam sebuah esai sastra terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup.

Ciri-ciri esai sastra


Ciri esai sastra adalah karya yang berbentuk prosa. Jadi isinya disampaikan dengan bentuk komunikasi biasa tanpa bahasa maupun ungkapan figuratif. Esai sastra juga singkat, artinya dapat dibaca keseluruhannya dalam waktu kurang dari 2 jam.


Jenis esai sastra


Esai sastra terbagi menjadi beberapa jenis yaitu esai deskriptif, esai cukilan watak, esai tajuk, esai reflektif, dan esai pribadi.

Contoh esai sastra mengenai film


Film Di Bawah Lindungan Ka’bah bercerita tentang kehidupan keagamaan pada tempo dulu. Menceritakan tentang masyarakat yang masih sangat konservatif. Cerita percintaan Hamid dan Zeaenab dalam film ini sukses membuat orang-orang yang menonton ikut tersedu dan terbawa suasana.

Film ini juga menceritakan bagaimana kondisi pendidikan yang masih sulit dan banyak siswa yang tidak lulus. Pihak sekolah pastinya akan malu jika siswanya yang lulus hanya dua atau tiga orang saja sehingga sekolah bisa melakukan apa saja termasuk cara haram untuk meluluskan semua siswanya.

Kondisi ini sangat mirip dengan kondisi asli pendidikan di tanah air. Banyak sarjana yang lulus mendapatkan gelar tetapi sebenarnya tidak memiliki kemampuan di bidang ilmu sesuai gelar sarjana yang didapatnya.

Film ini cukup aneh dengan beberapa adegan yang tidak masuk akal. Bisa dilihat produk-produk instan yang masuk dalam film padahal dengan latar waktu film tempo dulu sangat berbeda dan belum ada produk-produk tersebut.



Esai sastra mengenai novel


Novel Hujan karya Tere Liye menceritakan tentang Lail dan Elijah dengan kisah mereka bersama hujan. Elijah memiliki kenangan tidak menyenangkan dengan hujan yang dianggapnya selalu turun saat masa-masa gelapnya. Lail datang untuk mengubah memori tersebut dan menghapus kenangan sedih mengenai hujan.

Ceritanya menggunakan latar waktu tahun 2042 yang mengajak pembaca untuk berimajinasi mengenai masa depan. Melalui cerita Hujan ini, terdapat pesan untuk lebih kuat dan belajar tegar dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Itulah ulasan mengenai esai sastra buat yang belum paham mengenai jenis karya ini. Contoh esai sastra di atas adalah gambaran kurang lebihnya dari sebuah esai sastra. Topik yang dibahas bisa lebih beragam dan disampaikan dengan bahasa yang menjadi ciri khas penulis.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar