Ad Code

Contoh Kalimat Pembuka Ceramah Keagamaan

contoh kalimat pembuka ceramah keagamaan


Pada ceramah keagamaan pastinya akan diawali dengan kalimat-kalimat pembuka ceramah. Memilih kalimat pembuka yang bagus agar dapat menarik perhatian penonton. Berikut beberapa contoh kalimat pembuka ceramah yang sesuai dengan struktur pembuka ceramah yaitu salam, ungkapan sapaan, puji syukur, shalawat, dan perkenalan diri.

Salam


Pada bagian awal untuk membuka ceramah tentu saja menggunakan salam. Assalamu’alaikum warrahmatullah wabarakatuh dan bisa disambung dengan kalimat lain seperti salam sejahtera untuk Kita semua.


Ucapkan salam dengan nada yang jelas dan semangat untuk mengawali ceramah. Pastikan semua orang bisa mendengar salam yang diucapkan pada pembukaan ceramah tersebut. Jika perlu diulangi lagi apabila jamaah terdengar lesu dan tidak semua menjawab salam dengan semangat.

Ungkapan sapaan


Setelah mengucap salam, jangan lupa untuk menyapa para tamu dan hadirin yang ada dalam pertemuan. Bisa menggunakan kalimat “Yang terhormat”, “yang saya hormati”, “kepada bapak/ibu yang terhormat”, dan lain-lain.

Pada acara ceramah, ungkapan sapaan tentu ditujukan kepada para jamaah yang menghadiri pertemuan. Bisa juga ditambah dengan menyapa panitia atau penyelenggara acara.

Contoh kalimat untuk sapaan pada pembuka ceramah, “para hadirin, muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah”, atau “para jamaah yang saya hormati dan seluruh panitia acara yang Saya hormati pula”.

Puji syukur kepada Tuhan


Jangan lupa untuk mengucapkan syukur pada pembuka ceramah. Contoh kalimat pembuka ceramah yaitu “marilah semua jamaah yang hadir di acara ini untuk memanjatkan puji syukur atas nikmat yang dilimpahkan Allah SWT pada Kita semua”.

Saat menyampaikan kalimat pembuka ini, mainkan tangan sebagai bahasa tubuh seperti mengajak orang lain untuk ikut mengucapkan syukur. Tambahkan kalimat doa saat menyampaikan puji syukur dalam suatu ceramah.

Ucapan shalawat


Selain puji syukur kepada Tuhan, kalimat pembuka ceramah yang baik juga dilengkapi dengan shalawat. Ajak semuanya untuk mengucap shalawat, baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia.


Contoh ajakan bershalawat untuk pembuka ceramah, “tidak lupa juga, mari Kita sama-sama bershalawat, semoga shalawat dan keselamatan dilimpahkan untuk junjungan nabi agung Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-sahabatnya.

Perkenalan diri


Pengisi ceramah perlu untuk memperkenalkan diri pada saat membuka ceramah. Apabila sudah diberitahu oleh pembawa acara atau memang dari tokoh terkenal, maka bisa diganti dengan penjelasan mengenai topik ceramah yang akan dibahas.

Kalimat pembuka ini tidak terlalu panjang sehingga dapat langsung ke isi ceramah. Cukup disampaikan dengan jelas dan tegas untuk menarik perhatian penonton agar fokus ke pengisi ceramah.

Itulah beberapa contoh kalimat pembuka ceramah yang singkat dan mudah dihafalkan. Kalimat pembuka setidaknya berisi salam, puji syukur, ucapan shalawat, perkenalan diri, dan penjelasan topik ceramah. Menggunakan struktur yang runtut membuat kalimat pembuka ceramah terdengar lebih bagus dan tertata.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar