Tips Jitu Memilih Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Siapa yang tidak ingin kuliah? Semua pasti memiliki keinginan untuk merasakan pahit manisnya duduk di bangku perkuliahan. Ada yang ingin kuliah di jurusan kedokteran, psikologi, sastra, atau bahkan IT. 

Mencapai tahun terakhir di SMA, seluruh siswa biasanya mulai mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk dapat mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Berbagai macam les dan tambahan pelajaran diikuti demi bisa mendapatkan hasil terbaik ketika tes nanti. 

tips memilih universitas swasta terbaik


Tidak hanya persiapan untuk tes, siswa juga sudah mulai merancang peta, mau dibawa kemana hidupnya setelah lulus dari bangku SMA nanti. Siswa sudah mulai menentukan list universitas yang diinginkan, lengkap beserta dengan jurusan yang ingin ditempuh. 

Tapi, banyak siswa yang cenderung bingung bagaimana cara memilih universitas yang baik untuk dirinya, khususnya universitas swasta. Bagi siswa yang ingin masuk universitas swasta tetapi masih bingung harus memilih universitas swasta mana, bisa memperhatikan poin-poin tips memilih universitas swasta terbaik berikut.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah menjadi poin utama yang harus diperhatikan ketika memilih universitas swasta yang baik. Seperti yang kita tahu, biaya kuliah di universitas swasta biasanya cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas negeri. Tapi, apakah memang benar seperti itu?

Biaya kuliah tentunya akan berbeda, tergantung kebijakan dari masing-masing universitas swasta. Dalam satu lingkup universitas swasta pun, biaya kuliahnya juga akan berbeda-beda tergantung jurusannya. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mencari tahu kisaran biaya kuliah yang harus dibayarkan per semester untuk masing-masing jurusan dan masing-masing universitas swasta.

Siswa bisa mencari tahu informasi mengenai biaya kuliah dengan cara rutin mengecek website resmi dari masing-masing universitas swasta. Selain itu, siswa juga boleh mencari tahu melalui informasi-informasi dari kakak kelas atau alumni yang telah terlebih dahulu berkuliah di universitas swasta yang diinginkan. 

Lokasi Kampus

Lokasi menjadi poin selanjutnya yang akan dibahas. Siswa sebaiknya memilih universitas swasta dengan lokasi yang strategis dan berada tidak jauh dari pusat kota atau pusat keramaian. Mengapa begitu? 

Lokasi dapat menentukan universitas swasta tersebut merupakan universitas swasta yang baik untuk dipilih atau bukan. Dengan memilih universitas swasta yang terletak di lokasi yang strategis atau berada dekat dengan pusat kota, dapat mengurangi resiko terjadinya kejahatan yang tidak diinginkan. Apalagi jika siswa harus berkegiatan di kampus sampai malam hari atau bahkan menginap. Hal ini tentunya menjadi concern tersendiri bagi orang tua di rumah. 

Akreditasi Kampus

Tips selanjutnya adalah memperhatikan akreditasi dari universitas swasta yang akan dipilih. Akreditasi kampus dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau biasa disingkat BAN-PT. Akreditasi kampus dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Tidak hanya akreditasi kampus, akreditasi jurusan juga harus diperhatikan.

Siswa bisa melihat informasi mengenai akreditasi kampus dan jurusan atau program studi melalui website resmi BAN-PT. Semakin tinggi akreditasinya, tentunya semakin berkualitas pula universitas swasta tersebut, dan semakin tinggi juga kemungkinan universitas swasta tersebut masuk ke dalam jajaran universitas swasta terbaik di tanah air.

Fasilitas Kampus

Fasilitas kampus tidak kalah penting dengan poin-poin lainnya saat memilih universitas swasta yang baik bagi diri kita. Fasilitas kampus yang bagus dan memadai tentunya dapat menunjang kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif dan efisien. Fasilitas kampus yang tidak memadai, akan membuat mahasiswa merasa tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi ketika perkuliahan berlangsung.

Sama halnya dengan biaya, fasilitas kampus juga bisa diketahui oleh siswa dengan cara mengecek website resmi universitas swasta yang akan dipilih.
  Bisa juga dengan melihat foto-foto universitas swasta tersebut yang biasanya sudah tersebar luas di internet. Siswa juga boleh melakukan survey lokasi langsung ke universitas swasta yang ingin dituju agar siswa bisa melihat secara langsung kondisi real dari fasilitas kampus yang disediakan oleh universitas swasta yang dituju.

fasilitas universitas swasta terbaik

Kiprah Alumni

Poin terakhir yang sama pentingnya dengan poin lainnya yaitu mencari tahu mengenai kiprah alumni dari universitas swasta yang dituju. Kiprah alumni dapat menjadi bukti keberhasilan suatu kampus dalam mencetak lulusan-lulusan yang berbakat dan siap bersaing.

Kiprah alumni bisa dicari tahu dengan cara melihat profil LinkedIn dari alumni tersebut. Cari tahu bagaimana karir mereka setelah lulus dari universitas swasta tersebut. Cari tahu juga bagaimana perusahaan-perusahaan memandang universitas swasta tersebut di dunia kerja.

Dari kelima poin tersebut, salah satu universitas swasta yang memenuhi syarat yaitu Universitas Gunadarma.
  Sebagai universitas swasta terbaik, sepak terjang Universitas Gunadarma di bidang pendidikan dan profesional tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Siswa tentunya bisa menjadikan Universitas ini sebagai pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. banyak ya om yang mesti dipertimbangkan dan swasta juga sekarang banyak yang unggulan kualitasnya

    BalasHapus