Ad Code

5 Urutan Langkah Proses Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah

cara membuat kartu pelajar di sekolah


Apabila saat ini status kamu adalah siswa atau pelajar, pastinya kamu punya kartu pelajar dong? Kartu pelajar adalah sebuah kartu identitas khusus milik pelajar yang berada di suatu instansi pendidikan. Biasanya, kartu pelajar mencantumkan nama siswa, tempat tanggal lahir, alamat, nomor induk siswa, foto, dan berbagai informasi lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kamu akan diberitahu mengenai urutan langkah proses pembuatan kartu pelajar di sekolah dengan mudah.

Cara Membuat Kartu Pelajar


Membuat kartu pelajar tidak membutuhkan banyak langkah dan prosedur. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya.

Datang Hubungi Pihak TU

TU merupakan pihak sekolahan yang bertugas untuk mengurus berbagai keperluan administrasi. Jika kamu akan membuat kartu pelajar, entah itu karena awal kali membuat, atau kehilangan kartu pelajar, maka langsung datang ke TU.

Kamu tinggal menyampaikan keperluanmu, lalu kamu akan mendapatkan blangko atau formulir dari pegawai.

Isi Formulir

Setelah mendapatkan formulir dari pegawai, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir tersebut sesuai data dirimu. Isilah data diri dengan jujur sesuai informasi yang sebenarnya. Karena jika tidak, maka kedepannya akan mengalami kendala dan masalah.

Cek Ulang

Data yang sudah diisikan pada formulir, cek kembali. Barangkali ada kesalahan dalam pengisian data, maka langsung segera perbaiki. Karena informasi yang sudah dicantumkan dalam formulir nantinya akan dicantumkan pada kartu pelajar.

Mengambil Foto

Kalau sekolahmu menyediakan fasilitas ruang khusus foto, maka kamu bisa langsung ambil foto untuk kartu pelajar. Namun jika tidak ada ruang foto, maka kamu akan mendapatkan arahan dari pegawai TU terkait pengambilan fotonya. Jadi jangan khawatir.

Ambil Kartu Pelajar

Proses pembuatan kartu pelajar sampai jadi, umumnya membutuhkan waktu beberapa hari. Jadi, setelah beberapa hari, datang lagi ke TU untuk mengambil kartu pelajar.

Fungsi dari Kartu Pelajar


Sekolah tentu membuat kartu pelajar bukan tanpa alasan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari kartu pelajar yang harus kamu tahu.

Tanda Pelajar Masih Aktif

Jika kamu mempunyai kartu pelajar, artinya kamu merupakan siswa aktif yang terdaftar di sekolahmu. Dengan disertai bukti kartu pelajar, maka kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang disediakan oleh sekolahan.

Memudahkan Administrasi Lomba

Saat akan mengikuti lomba, maka kamu wajib mengurus berbagai pendaftaran dan administrasinya. Kartu pelajar memudahkan kamu untuk mendaftar lomba tanpa harus meminta surat keterangan dari sekolahan.

Membantu Saat Kondisi Darurat

Sekolahmu pasti ada acara tahunan untuk berkunjung ke tempat wisata kan? Saat melakukan perjalanan wisata, tetapi kamu terpisah dari rombongan, kamu akan dimudahkan dengan adanya kartu pelajar.

Saat terpisah dari rombongan, kamu hanya perlu menunjukkan kartu pelajar kepada orang lain. Maka mereka tidak segan untuk membantumu mencari rombongan, karena identitas yang jelas dan dipercaya.

Itulah urutan langkah proses pembuatan kartu pelajar di sekolah dan fungsinya yang harus kamu tahu. Jika kamu perlu untuk membuat kartu pelajar karena kartumu hilang, maka bisa ikuti prosedur di atas.

Artikel Terbaru Lainnya




Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar