Ad Code

Tips Bagaimana Cara Mencari Amanat dalam Sebuah Dongeng

Cara Mencari Amanat dalam Sebuah Dongeng


Setelah membaca dongeng, kamu pasti sering kan diminta untuk mencari amanat dalam dongeng tersebut? Amanat adalah sebuah pesan yang terdapat pada sebuah cerita. Sebenarnya jika kamu ingin mengetahui amanat, perlu pemahaman mendalam terkait keseluruhan teks fiksi itu. Jadi, kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mencari amanat dalam sebuah dongeng secara singkat.

Mencari Amanat Cerita Melalui Peran Tokoh


Pada sebuah teks fiksi seperti dongeng, tentu terdapat peran atau tokoh penting di dalam cerita tersebut. Setiap tokoh mempunyai watak dan karakter yang berbeda-beda. Ada tokoh yang mempunyai peran protagonis, ada yang antagonis.

Tokoh protagonis merupakan tokoh yang baik, sehingga memiliki watak positif. Misalnya penyabar, penyayang, suka menolong, dan lain sebagainya. Contohnya adalah Timun Emas, Bawang Putih, Putri Salju dan Kurcaci. Tokoh-tokoh tersebut memiliki watak yang baik.


Sementara, ada juga tokoh antagonis, yaitu tokoh yang jahat, sehingga wataknya pun negatif dan buruk. Misalnya pendusta, sombong, pemarah, nakal, dan lain sebagainya. Contohnya adalah Raksasa dalam Timun Emas, Bawang Merah, dan Penyihir. Melalui watak yang diperankan oleh tokoh, diharapkan bisa memberikan amanat bagi para pembaca.

Dari tokoh protagonis, kamu bisa meniru watak positif yang diperankan, kemudian diterapkan dalam kehidupan. Sementara melalui watak yang dibawakan oleh tokoh antagonis, bisa menjadi himbauan bagi para pembaca untuk tidak menirunya.

Bentuk-Bentuk Amanat


Ada dua bentuk amanat, yaitu amanat tersurat dan tersirat.

Amanat Tersurat

Amanat tersurat adalah amanat yang langsung didapatkan secara tertulis melalui cerita. Biasanya, kamu tidak perlu membaca cerita secara menyeluruh, karena sudah dituliskan pada kesimpulan.

Amanat Tersirat

Amanat tersirat adalah amanat yang dimaknai dengan cara membaca cerita secara menyeluruh. Barulah setelah itu bisa mendapatkan pesan moral melalui alur yang sudah kamu baca.

Namun, amanat tersirat ini sebenarnya sudah bisa kamu ketahui melalui bagaimana jalan cerita yang disajikan. Jadi, pesan ini sifatnya implisit.

Tips Mencari Amanat Dalam Cerita


Dari penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa ada beberapa cara untuk mendapatkan amanat pada cerita atau dongeng yang dibaca.


Membaca Cerita dengan Saksama

Kunci untuk menemukan amanat atau pesan dalam dongeng adalah memahami jalan cerita yang ada. Oleh karenanya, maka perlu membaca cerita dengan saksama. Apalagi jika sudah menjiwai cerita, sangat mudah untuk menentukan amanat.

Memahami Karakter atau Watak Tokoh

Setiap tokoh memerankan karakter dan watak yang berbeda-beda. Ada watak baik dan buruk, sehingga dari situlah pesan moral bisa didapatkan. Ketika ada konflik dalam cerita, setiap tokoh tentunya memiliki sikap yang berbeda-beda untuk mengatasinya.

Dialog Antar-Tokoh

Pesan moral dalam dongeng juga bisa ditemukan melalui kutipan langsung dalam dialog antar tokoh. Biasanya, kalimat yang dijumpai yaitu berupa saran, masukan, imbauan, atau ajakan.

Dengan memahami beberapa hal tersebut, kamu bisa mengetahui bagaimana cara mencari amanat dalam sebuah dongeng dengan mudah. Amanat cerita diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan nyata oleh pembaca.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar