Ad Code

Membuat Pidato Singkat Berbakti Kepada Orang Tua

Memang tujuannya adalah mengajarkan bakti orangtua pada anak. Namun karena terlalu sering disampaikan, topik tersebut menjadi membosankan.


Membuat pidato memang sedikit tricky karena ada pemikiran kalau isi pidato tidak menarik. Memang tujuan membuat pidato adalah untuk menghimbau penonton atau masyarakat untuk melakukan suatu hal yang berguna. Salah satu tema topik yang paling umum adalah pidato singkat berbakti kepada orang tua. Tema pidato ini sangat umum terutama untuk kegiatan yang berkaitan dengan murid atau anak sekolah. Memang tujuannya adalah mengajarkan bakti orangtua pada anak. Namun karena terlalu sering disampaikan, topik tersebut menjadi membosankan. Berikut ini beberapa cara membuat pidato singkat berbakti kepada orang tua yang menarik dan persuasif.

Tentukan topik

Sebelum mulai membuat draft pidato sebaiknya kamu menentukan topik dulu. Topik utama pidato adalah tentang berbakti kepada orang tua, lalu kamu bisa menentukan sub-topik dari tema tersebut. Bentuk bakti kepada orang tua sangatlah banyak misalnya dengan berkata lemah lembut, membalas budi, menuruti perintah orang tua, dan sebagainya. Kamu bisa memilih satu atau dua sub-topik untuk dibicarakan dalam pidato. Hindari memuat terlalu banyak sub-topik karena akan membuat pidato menjadi terlalu panjang.

Tujuan pidato

Setelah mempunyai topik, selanjutnya kamu bisa menentukan tujuan pidato. Tujuan pidato ini membantu kamu menyusun draft dengan baik. Misalnya kamu ingin membuat pidato yang informatif sehingga kamu bisa mengumpulkan berbagai data yang mendukung topik pidato. Tujuan pidato lain adlaha persuasif atau mempengaruhi yaitu mengajak audiens untuk berbuat kebaikan. Tujuan pidato juga bisa menghibur atau rekreatif sehingga membuat penonton tidak bosan. Setidaknya dalam satu pidato sebaiknya ada dua tujuan misalnya persuasif dan rekreatif sehingga pidato kamu menjadi semakin menarik.

Pahami audiens

Memahami audiens juga sangat penting untuk memastikan kalau pesan yang kamu sampaikan tepat sasaran. Misalnya untuk penonton dengan usia muda, kamu bisa membuat pidato dengan gaya Bahasa yang ringan sehingga pesan pidato mudah dipahami dan tidak membosankan.

Tidak terlalu panjnag atau pendek

Membuat pidato yang terlalu panjang tidak membuat kamu terlihat semakin pintar. Apalagi bila topik dan pesan pidato tidak fokus. Pastikan kamu menulis pidato sesuai dengan topik dan pesan yang ingin disampaikan. Jangan dibuat terlalu panjang hanya untuk memenuhi durasi waktu namun dengan pesan pidato yang tidak jelas. Sebaliknya pidato sebaiknya juga tidak dibuat terlalu singkat karena pesan yang ingin disampaikan dikhawatirkan tidak dipahami dengan pbaik oleh audiens.

Setelah mempunyai topik dan tujuan yang jelas, kamu bisa mulai mengembangkan naskah pidato. Kamu bisa membuat pidato singkat berbakti kepada orang tua dengan format yang lebih menarik. Sehingga pendengar tidak akan bosan meski topik utamanya adalah topik yang sudah sangat umum digunakan

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar