Ad Code

Tips Mencari Inspirasi Pidato Berbakti Kepada Orangtua Singkat

Membuat pidato berbakti kepada orangtua cukup mudah namun kamu bisa membuat teks pidato yang berbeda dengan beberapa tips mencari inspirasi ini.


Ada banyak jenis topik yang bisa digunakan sebagai bahan inspirasi pidato salah satunya adalah bakti pada orangtua.
Pidato berbakti kepada orangtua singkat menjadi tema pidato yang paling banyak digunakan. Topik ini sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai kesempatan. Hal ini tidak lain adalah karena kita mempunyai ikatan erat dengan orangtua. Membuat pidato berbakti kepada orangtua cukup mudah namun kamu bisa membuat teks pidato yang berbeda dengan beberapa tips mencari inspirasi ini.

Lakukan riset

Sebelum menulis draft pidato, kamu bisa melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Riset memberikan kamu ide segar sehingga pidato dengan tema orangtua tidak membosankan. Ada banyak jenis bakti pada orangtua misalnya balas budi, kasih sayang pada orang tua, dan sebagainya. Kamu bisa mengambi salah satu topik saja karena pidato harus dibuat dengan singkat.

Cantumkan ayat atau hadis

Untuk mendukung topik yang sedang dibahas, kamu bisa mencantumkan ayat atau hadis. Kamu bisa memilih salah satu saja sehingga pidato tidak terlalu panjang. Mencantumkan ayat dan hadis ini juga tidak sembarangan. Kamu harus memastikan bila ayat dan hadis adalah benar dan diambil dari sumber yang terpercaya, terutama untuk hadis. Jangan sampai memuat hadis dengan sumber yang kurang shahih karena akan menyebabkan kerancuan arti.

Beri contoh kasus

Kamu juga bisa memberikan contoh kasus yang ebrkaitan dengan bakti pada orangtua. Misalnya akibat anak yang tidak berbakti kepada orang tua atau manfaat berbakti pada orangtua. Memberikan contoh kasus membuat pidato kamu menjadi terkesan matang dan penuh persiapan. Namun pastikan kalau contoh kasus yang digunakan adalah kisah nyata. Artinya kamu harus melakukan riset dengan baik untuk memastikan bahan pidato tidak asal-asalan.

Format pidato interaktif

Membuat format pidato yang interaktif juga sangat penting. Bagi sebagian orang mendengarkan pidato cukup membosankan apalagi bila topik yang dibahas sama. Kamu bisa membuat pidato interaktif dengan memberikan beberapa pertanyaan pada pendengar sehingga menciptakan interaksi dengan mereka. Jadi kamu tidak hanya langsung ceramah begitu saja.

Selain itu ketika menyampaikan pidato, kamu juga harus memperhatikan ekspresi penonton. Bila penonton terlihat bosan dan tidak memperhatikan penuh, inilah saatnya kamu menggunakan format pidato interaktif. Misalnya dengan memberika pertanyaan, pantun, atau sedikit jokes untuk mencairkan suasana.

Pidato tentang orang tua memang sudah hal yang umum sehingga tidak heran bila banyak orang sudah bosan mendengarnya. Oleh karena itu kamu perlu membuat pidato berbakti kepada orang tua singkat yang interaktif. Kamu bisa melakukan riset untuk mendapatkan ide yang berbeda, menggunakan ayat atau hadis, dan juga memberikan contoh kasus nyata.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar