Ad Code

Review Perbandingan Brain Academy vs Zenius

bimbel online terbaik

Pilih yang mana, ya? (Sumber: unsplash.com)


Memasuki tengah semester, pasti ada di antara kalian yang sudah mulai merasa butuh les atau tambahan pelajaran di luar jam sekolah. Apalagi setelah pekan PTS (Penilaian Tengah Semester) kemarin, mungkin ada beberapa dari kalian yang belum mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diinginkan. 


Tenang aja ya, guys! Kalau di PTS kemarin kamu belum bisa memberikan hasil yang terbaik, bukan berarti kamu gagal, ya, karena kamu masih punya kesempatan untuk meningkatkan nilaimu di PAS (Penilaian Akhir Semester) nanti. 


Nah, untuk mempersiapkan diri menghadapi PAS, kamu bisa nih, memilih beberapa rekomendasi bimbel online yang bisa membantu kamu belajar. Di antaranya yaitu Brain Academy dan Zenius. Tapi, kalau harus memilih satu, lebih baik pilih bimbel online yang mana ya? Mari kita bahas perbandingan keduanya!


Dalam artikel ini, kita akan coba bahas perbandingan Brain Academy dan Zenius dilihat dari segi kelengkapan mata pelajaran, live teaching, video pembelajaran, harga, dan layanan tatap muka. Kita bahas satu per satu, yuk!


1. Kelengkapan Mata Pelajaran


Ditinjau dari mata pelajarannya, Brain Academy dan Zenius sama-sama menawarkan mata pelajaran yang lengkap untuk jenjang SMA. Mulai dari mata pelajaran saintek hingga soshum, keduanya menyediakan pembelajaran mata pelajaran tersebut di platform masing-masing. Tapi, jika dibandingkan pada tingkat SD dan SMP, Brain Academy lebih unggul dari sisi kuantitas mata pelajaran yang ditawarkan.


Baca juga: Cari Tempat Les di Kebayoran Baru? Pilih Brain Academy Saja!


Selain bimbingan belajar sehari-hari dan persiapan ujian, kedua bimbel ini juga menawarkan paket khusus persiapan UTBK untuk kamu yang duduk di kelas 12 SMA. Tidak hanya itu, keduanya juga sama-sama menawarkan paket khusus Gap Year.


2. Live Teaching


Sebagai bimbel online, baik Brain Academy maupun Zenius sama-sama menyediakan fasilitas live teaching bagi kamu yang ingin belajar secara online tapi tetap real-time. Jika dilihat dari kuantitas live teaching, Brain Academy lebih unggul dengan menyediakan sebanyak kurang lebih 20-21 kelas per minggunya untuk jenjang 12 SMA. Sedangkan pada Zenius, untuk jenjang yang sama, kuantitas live teaching-nya ada kurang lebih 18 kelas per minggunya.


Selain itu, di Brain Academy, segmentasinya tidak hanya dibedakan berdasarkan jenjang saja, tapi juga dibedakan antara IPA dan IPS (Saintek dan Soshum). Sedangkan pada Zenius hanya dibedakan berdasarkan jenjang saja, sehingga antara IPA dan IPS bercampur menjadi satu. Untuk poin ini, mungkin akan berbeda pengaruhnya antara satu pengguna dan pengguna lain karena poin ini lebih mengarah pada UI/UX masing-masing pengguna.


3. Video Pembelajaran


Baik Brain Academy dan Zenius, sama-sama menyediakan fasilitas video pembelajaran pre-recorded yang bisa diakses kapanpun dan di manapun melalui platform masing-masing. Jika dilihat dari video pembelajarannya, perbedaan yang paling mencolok adalah dari sisi pembawaan materi.


Di Brain Academy milik Ruangguru, video pembelajarannya dibawakan dengan vibe yang lebih formal-casual, sehingga bahasa yang digunakan pun adalah bahasa yang semi baku, seperti layaknya kita belajar di sekolah bersama guru. Sedangkan pada Zenius, pembawaan materinya lebih ke arah casual, sehingga bahasa yang digunakan lebih santai dan tidak baku.


Selain dari pembawaan materi, perbedaan lainnya yang mencolok adalah dari segi konsep. Video belajar Brain Academy atau yang layanannya biasa disebut dengan ruangbelajar, menggunakan konsep animasi, sehingga akan banyak muncul animasi-animasi menarik selama video berlangsung. Sedangkan pada Zenius, video pembelajarannya ada yang menggunakan konsep animasi, namun ada juga yang menggunakan konsep papan pelajaran, yakni sang tutor akan menjelaskan materi dengan menulis pada papan seperti saat kita belajar di sekolah atau di tempat les. 


4. Harga


Nah, sampai juga ke pembahasan yang paling ditunggu-tunggu yaitu dari segi harga. Kira-kira, berapa sih biaya yang harus dibayarkan jika kita berlangganan Brain Academy dan Zenius?


Untuk Brain Academy sendiri, harga per jenjangnya adalah sebagai berikut:

a. Jenjang SD: mulai dari Rp113.000/bulan

b. Jenjang SMP: mulai dari Rp144.000/bulan

c. Jenjang SMA + UTBK: mulai dari Rp152.000/bulan


Harga di atas merupakan harga yang berlaku untuk Brain Academy Online, ya, guys! Brain Academy Online sendiri juga masih terbagi ke dalam beberapa kategori pilihan dengan harga yang berbeda, selengkapnya bisa langsung kamu cek di website Brain Academy.


Baca juga: 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Langganan Ruangbelajar


Sedangkan untuk harga Zenius sendiri adalah sebagai berikut:


a. Paket Aktiva Sekolah (Kelas 1-12): mulai dari Rp150.700/bulan

b. Paket Ultima (UTBK): mulai dari RpRp247.050/bulan


Untuk paket Aktiva dan Optima masih terbagi-bagi lagi menjadi beberapa kategori tertentu dengan harga yang berbeda. Untuk tahu selengkapnya, kamu bisa langsung cek ke website Zenius. 


5. Layanan Tatap Muka


Poin terakhir, yakni perbandingan antara Brain Academy dan Zenius ditinjau dari layanan tatap mukanya. Meskipun berawal dari bimbel online, baik Brain Academy maupun Zenius kini juga sudah menyediakan bimbel offline alias tatap muka, lho!


Untuk layanan tatap muka dari Brain Academy sendiri disebut dengan Brain Academy Center. Kamu bisa langsung menuju kantor cabang Brain Academy terdekat di kotamu untuk bertanya mengenai paket-paket yang tersedia.


Sedangkan untuk layanan tatap muka dari Zenius bisa kamu dapatkan di Primagama. Seperti yang kita tahu, Primagama telah resmi bergabung menjadi keluarga Zenius sejak awal 2022 lalu. Jadi, kamu bisa langsung menuju kantor cabang Primagama terdekat yang ada di kotamu untuk bertanya mengenai paket-paket yang tersedia.


Dari pembahasan di atas, secara umum bisa disimpulkan bahwa Brain Academy memiliki keunggulan yang lebih daripada Zenius. Namun, untuk keputusan pemilihan mana yang lebih baik antara dua bimbel online ini, tetap ada di tangan kalian sebagai pengguna. 


Semoga artikel ini bisa membantu kamu menentukan bimbel mana yang ingin kamu pilih, ya! Stay safe dan tetap semangat belajar, teman-teman!

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar