Ad Code

12 Fitur Baru Ruangguru yang Wajib Dicoba! Ada Apa Saja, Ya?

aplikasi bimbel online

Bimbel online Ruangguru (Sumber: ruangguru.com)


Di tahun ajaran 2022/2023 ini, Ruangguru hadir dengan berbagai fitur yang lebih canggih dan pastinya akan membantu kamu jadi #BisaDuluan menghadapi semester baru. Kira-kira, ada fitur apa aja ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Playlist Rangkuman


Merupakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengecek rangkuman pelajaran per hari atau per minggu langsung dari homepage aplikasi Ruangguru. Jadi, kamu bisa mengakses rangkuman dengan mudah tanpa perlu download satu per satu lagi.


2. AdaptoX


Kalau di tahun ajaran lalu ada fitur Adapto, di tahun ajaran ini, ada fitur AdaptoX, yang merupakan evolusi dari fitur Adapto! Yap! Jadi, fitur Adapto Ruangguru telah mengalami pembaruan sedemikian rupa hingga menjadi AdaptoX seperti sekarang. Fitur ini menggunakan simulasi dan permainan interaktif yang kemudian disematkan ke dalam video belajar di aplikasi Ruangguru. Simulasinya kurang lebih mirip seperti eksperimen di sekolah, tapi berbentuk digital dan interaktif.


3. Zona Berlatih


Seperti namanya, fitur ini berisi berbagai latihan soal yang bisa membantu kamu berlatih dan menguji sejauh mana pemahaman dan kemampuanmu terhadap suatu materi. Serunya, soal-soal latihan di sini dikemas layaknya kita bermain game, lho! Jadi, dijamin nggak akan bosen deh, ngerjainnya!


4. Ranking - Liga XP


Di tahun ajaran baru ini, seluruh pengguna Ruangguru bisa mengikuti perlombaan pada level atau liga sesuai dengan rentang XP atau gold yang dihasilkan. Semakin banyak XP atau gold yang kamu punya, maka peringkatmu di Ranking Liga Ruangguru juga akan semakin naik. Tentunya, untuk mendapatkan XP dan gold yang banyak, kamu harus rajin belajar dan mengerjakan soal di aplikasi bimbel online Ruangguru, ya!


5. Ruanglatihan


Mirip dengan Zona Berlatih, Ruanglatihan juga merupakan fitur yang dapat membantu kamu menguji seberapa jauh kemampuanmu dalam mengerjakan soal. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus meningkatkan daya fokus dan kecepatan dalam memahami maksud atau perintah pada soal. Fitur ini sangat bermanfaat, terutama saat persiapan ujian.


6. Ruangbelajar Website


Panggilan kepada murid-murid tim belajar pakai laptop, sekarang ruangbelajar sudah bisa diakses lewat website, lho! Belajar jadi lebih nyaman deh, karena tampilan bisa lebih luas! Eits, ruangbelajar website juga bisa diakses dari HP maupun tablet, lho! Jadi, buat kamu yang lebih suka belajar pakai HP atau tablet tapi memorinya sering full, bisa akses langsung dari website aja ya, yakni di app.ruangguru.com.


Baca juga: Review Produk Ruangbelajar dari Ruangguru untuk Tahun Ajaran Baru


7. Lembar Belajar


Fitur ini berisi rangkuman belajar praktis yang bisa memudahkan kamu dalam mempelajari suatu materi. Fitur ini memungkinkan kamu untuk download, print, dan mencatat materi belajar sambil tetap mendengarkan materi dari video belajar.


8. Playlist Belajar


Playlist Belajar adalah fitur yang berisi list video-video, kuis, maupun rangkuman yang telah disesuaikan dengan jenjang dan jadwal ujian yang akan kamu hadapi. Selain itu, tersedia juga playlist lain yang berisi rencana belajar yang bisa kamu pilih dan ikuti sesuai dengan materi yang sedang kamu pelajari di sekolah saat itu.


9. Video Belajar Kolaborasi dengan Aulion


Next, ada fitur yang paling dinanti-nanti, yaitu video belajar kolaborasi dengan Aulion! Jadi, di tahun ajaran baru ini, Ruangguru berkolaborasi dengan Aulion sebagai Creative Director. Dari kolaborasi ini, ruangbelajar menghadirkan video belajar terbaru dengan konsep yang lebih segar dan tentunya lebih kece! Penasaran, kan? Langsung tonton videonya di ruangbelajar, ya!


10. UTBK Center


Buat yang tahun ini akan menghadapi UTBK, ada fitur spesial nih buat kamu, yaitu UTBK Center! Kalau kamu butuh fitur terbaik dan terlengkap untuk memenuhi kebutuhan kamu akan persiapan UTBK, di sini kamu bisa menemukan jawabannya! Melalui fitur ini, kamu bisa mengerjakan berbagai latihan soal secara fleksibel karena kamu bisa bebas pilih materi pada fitur Drill Soal. Selain itu, kamu juga bisa menguji kemampuanmu di fitur Tryout yang memuat latihan soal terbaru dengan sistem penilaian IRT dan analisis peluang diterima di prodi. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu di fitur Tes Minat dan Bakat. Lengkap banget, kan?


Baca juga: 5 Jurusan Favorit Tahun 2021 yang Banyak Dicari


11. Konsep Kilat


Mau cepat paham materi dalam waktu singkat? Akses fitur Konsep Kilat aja! Di sini, kamu bisa memahami semua konsep yang diajarkan dalam 1 bab hanya dalam 1 video saja. Tapi tenang, ya! Kalau kamu masih butuh penjelasan yang lebih detail, kamu bisa tonton video-video sub bab lainnya yang mengupas materi secara lebih mendalam.


12. Diskusi


Terakhir, ada fitur Diskusi yang bisa kamu gunakan untuk menanyakan hal-hal yang masih belum kamu pahami dari pembahasan materi atau saat mengerjakan soal. Sesuai namanya, di fitur ini kamu bisa melakukan interaksi dan diskusi lebih lanjut bersama teman-teman sesama pengguna Ruangguru maupun Master Teacher. Belajar online jadi nggak terasa sepi lagi, deh.


Itu tadi keduabelas fitur baru Ruangguru di tahun ajaran 2022/2023 ini. Fitur mana nih, yang paling menarik perhatianmu dan mau kamu cobain duluan? Yuk, belajar bersama Ruangguru sekarang dan jadi #BisaDuluan di semester baru ini!


Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar