Ad Code

Mengenal Investasi Jangka Panjang dan Jenisnya

mengenal investasi jangka panjang


Investasi jangka panjang adalah strategi di mana seseorang membeli saham atau aset tertentu dengan maksud untuk menyimpannya dalam jangka waktu yang lama. Rentang waktu satu hingga lima tahun dapat dianggap jangka panjang, tetapi beberapa investor mungkin mempertahankan investasi tertentu selama beberapa dekade.

Hal ini berlawanan dengan investor jangka pendek yang merencanakan pembayaran cepat dengan risiko yang lebih tinggi, tetapi imbalan yang lebih rendah. Meskipun investasi jangka panjang membutuhkan kesabaran dan disiplin, tingkat resikonya jauh lebih rendah. Mereka yang bisa bertahan akan menikmati akumulasi nilai yang besar.

Jenis Investasi Jangka Panjang

Banyak jenis investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi. Dengan begitu, Anda tidak harus terpaku pada satu kategori bahkan Anda dapat berinvestasi lebih dari satu tempat. Mendiversifikasi investasi menjadi cara terbaik untuk mengamankan aset Anda.


Keseimbangan menjadi kunci dari segala sesuatu dalam hidup, termasuk keuangan. Berfokus terlalu banyak pada satu jenis investasi di atas yang lain, atau terlalu agresif dengan strategi Anda, dapat membuat Anda mendapat masalah. Dengan diversifikasi, Anda dapat menyeimbangkan strategi investasi Anda.

Sebelum memutuskan berinvestasi, pastikan Anda sudah memiliki gambaran ingin investasi dalam jenis aset apa. Bacalah dengan teliti jenis investasi jangka panjang berikut untuk melihat mana yang cocok untuk Anda:

Saham

Ketika seseorang berpikir untuk berinvestasi, saham biasanya menjadi yang pertama terlintas dalam pikiran. Meskipun saham dapat bersifat jangka pendek, Anda dapat mengubahnya menjadi strategi jangka panjang dengan berinvestasi pada saham berpotensi naik.

Obligasi

Anda dapat membeli obligasi dari perusahaan, kota, dan bahkan departemen keuangan. Dengan memilih obligasi yang memiliki tanggal jatuh tempo yang sesuai dengan jadwal Anda, Anda memiliki investasi berisiko rendah di pihak Anda.

Reksa Dana & ETF

Reksa dana dan ETF mirip dengan saham, tetapi hadir dalam bentuk portofolio. Individu menempatkan investasi mereka ke dalam portofolio yang dipilih oleh manajer investasi. Ini sama halnya saat Anda mempercayakan seseorang untuk mengelola uang Anda dan membagi keuntungan investasi.


Sertifikat Deposito

Sertifikat Deposito adalah sertifikat yang Anda terima sebagai imbalan untuk memberikan dana ke bank. Sertifikat akan menyatakan berapa banyak Anda mendepositokan, suku bunga, dan kerangka waktu yang telah ditentukan yang dipilih. Semakin lama jangka waktu Sertifikat Deposito Anda, semakin banyak Anda akan mendapatkan keuntungan.

Real Estat

Berinvestasi dalam real estat adalah pilihan yang bagus karena dapat membantu Anda memperoleh penghasilan pasif yang berkelanjutan selain menghargai nilai dari waktu ke waktu. Plus, real estat merupakan aset berwujud dengan beberapa strategi keluar yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan.

Nah, itulah informasi seputar investasi jangka panjang beserta jenisnya. Jika Anda tertarik berinvestasi dalam jangka panjang, pastikan Anda mempelajari jenis investasi yang Anda inginkan terlebih dahulu.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar