Ad Code

Terlambat Bayar Pinjaman Online? Ini Resikonya!

terlambat bayar pinjaman online


Usahakan jangan pernah terlambat bayar pinjaman online. Hal ini karena keterlambatan pembayaran tagihan hutang dapat memberikan dampak besar pada kehidupan Anda. Ada beberapa resiko yang harus Anda tanggung, apabila Anda terlambat membayar pinjaman online.

Tak sedikit orang yang terlanjur terjerat oleh pinjol (pinjaman online). Salah satu penyebabnya adalah terlambat membayar pinjaman, sehingga denda keterlambatan semakin bertambah seiring waktu. Hutang yang semula hanya ratusan ribu dapat menjadi jutaan rupiah.

Ada beberapa resiko yang akan terjadi apabila Anda terlambat melakukan pembayaran pinjaman online. Apa saja?

Denda yang Terus Berjalan

Terlambat bayar pinjaman online? siap-siap mendapatkan denda. Biasanya denda tersebut dihitung berdasarkan persentase utang per hari menunggak. Berdasarkan peraturan OJK, perusahaan pinjol hanya boleh memberikan bunga dan denda keterlambatan maksimal 0,8% per harinya, dengan akumulasi denda maksimal adalah 100% dari nilai pokok.


Hal tersebut hanya berlaku pada perusahaan pinjol yang resmi dan terdaftar di OJK. Perusahaan pinjol ilegal biasanya memberikan bunga dan denda jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu, pastikan Anda berhati-hati saat meminjam online. Sebaiknya pilih pinjol yang aman, terpercaya, dan mendapatkan izin dari OJK.

Masuk Dalam Daftar Blacklist

Selama Anda belum membayar hutang di perusahaan pinjaman online, Anda akan terus dikenakan bunga dan denda setiap hari. Perusahaan pinjol hanya dapat menagih dalam kurun waktu maksimal 90 hari.

Jika lewat dari itu Anda masih belum melunasi cicilan pinjaman online, kemungkinan besar data Anda akan dilaporkan ke OJK dan masuk ke dalam daftar hitam (blacklist) layanan pinjaman. Jika Anda masuk ke dalam blacklist atau daftar orang bermasalah kredit, Anda akan sulit meminjam ke lembaga keuangan manapun di Indonesia.

Dikejar Debt Collector

Saat Anda telat bayar pinjaman online, Anda akan diingatkan melalui pesan singkat, seperti SMS, email, maupun telepon. Jika Anda mengabaikannya, debt collector online akan terus menghubungi Anda. Dan kemungkinan debt collector juga akan menghubungi semua kontak yang ada di dalam ponsel Anda.


Hal tersebut bukan hanya mengganggu kehidupan pribadi Anda tetapi juga orang-orang yang disekitar Anda. Jika Anda sudah diberi tahu tetapi tak kunjung bayar pinjaman online, debt collector mungkin juga akan melakukan penagihan ke rumah. Karena itu, penting sekali melakukan pembayaran tepat waktu.

Mengetahui resiko terlambat bayar pinjaman online bisa menjadi informasi bagi Anda agar selalu berhati-hati ketika meminjam uang secara online. Usahakan untuk selalu bayar cicilan tepat waktu supaya terhindar dari hal-hal yang kemungkinan akan terjadi. Disamping itu, membayar pinjaman sebelum jatuh tempo juga sangat baik untuk membangun kualitas kredit.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar