Ad Code

Unsur Pementasan Drama Ada Apa Aja Sih?

unsur pementasan drama

Hai gaes, lo semua udah pada pernah mentasi Drama di sekolah belum? Biasanya sih lo semua udah pasti bakalan mentasi suatu Drama dari pelajaran kesenian. Pastinya, bakalan seru sih, tapi nggak bakalan seru kalo lo ternyata nggak ngerti sama unsur pementasan drama yang wajib banget dipersiapkan, biar pementasan drama lo jadi lancar dan keren.

Jadi gue spill langsung nih ya, unsur pementasan drama yang wajib ada banget buat lo persiapkan.

Naskah Drama

Pastinya, kudu ada naskah drama yang jadi patokan sekaligus arah cerita dari pementasan drama lo mau dibuat gimana dan tentang ada. Pastinya biar para penonton tuh ngerti, pementasan drama lo tuh nyeritain tentang apaan sih. Kalo lo mau main drama tapi nggak ada naskah drama, trus tokoh-tokohnya mau ngomong apaan?

Pemain

Mau sebagus apapun naskah drama lo bikin, tetap aja ga bakalan hidup itu naskah drama tanpa adanya peran para pemain drama. Nah, para pemain drama ini kudu ada buat mengisi dan menghidupkan naskah drama yang ada.

Sutradara

Orang yang paling bertanggung jawab buat memimpin dan mengarahkan perencanaan yang matang buat suksesnya pementasan drama nih.

Tata Rias

Mau sebagus apapun para pemain dalam memerankan karakter tokoh, tetep perlu peran tim tata rias buat ngedukung karakter tiap tokoh.

Tata Busana

Biar para pemain makin bagus memerankan masing-masing tokoh, kudu didukung sama peran tim busana juga dong dalam mempersiapkan busana yang sesuai.

Panggung

Sebagai pementasan drama, lo perlu panggung buat mentasin drama pertunjukan lo, biar ada penonton yang nonton.

Tata Lampu

Lo juga perlu tim tata lampu buat mengatur pencahayaan di panggung sesuai dengan latar waktu disetiap bagian pertunjukan drama yang lo buat.

Tata Suara

Lo juga butuh nih tim tata suara yang bisa mengoperasikan sound system biar penonton bisa dengerin dengan jelas percakapan tokoh-tokoh yang lagi berperan di alur cerita pementasan drama lo.

Penonton

Lo bikin pementasan pastinya buat ditonton kan, nah, makanya, lo juga butuh penonton biar ada yang mengaresiasi dan merespon pementasan drama lo. Syukur-syukur juga bisa kasih masukan buat pemetasan drama lo.

Oke deh, jadi kurang lebihnya, itu semua unsur pementasan drama yang mesti lo siapin secara matang. Kalo semua unsur udah siap, artinya lo udah siap mentasin drama di sekolah lo pas pelajaran kesenian,
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar