Ad Code

Apa Sih Perbedaan Rangkuman dan Ringkasan?

perbedaan rangkuman dan ringkasan

Hai Gaes, lo semua masih pada sekolah kan? Pada inget nggak sih waktu lo ngerjain soal-soal waktu ujian? Lo pasti pernah kan diminta buat ngerangkum dan ngeringkas. Nah, pertanyaan gue nih, lo semua pada tau gak sih, perbedaan rangkuman dan ringkasan?

Tapi gue serius nih, menurut lo pada, rangkuman dan ringkasan tuh sama nggak sih? Kalo menurut lo sama, emang iya?? Letak perasamaannya dimana, lo pasti bingung kan ngejelasinnya. Soalnya, antara rangkuman dan ringkasan itu emang beda gaes, maka dari itu disini gue mau jelasin ke lo pada biar bisa ngertiin perbedaan rangkuman ama ringkasan.

Ya, minimal kalian nggak bakalan salah ngerjain lah kalo semisal dapat tugas ngerangkum, biar yang lo lakuin tuh emang ngerangkum. Kalo ternyata tugas rangkuman lo malah diringkas, kan nggak lucu juga dong. Makanya, simak ulasan dari gue, okay.

Baca Juga: Materi Artikel Kelas 12 

Rangkuman tuh merupakan sebuah catatan singkat mengenai suatu bab bahasan materi gaes. Umumnya sih, rangkuman itu bersifat struktural, artinya, udah disusun secara rapi dan juga berurutan. Biasanya sih, rangkuman dibuat seperti itu biar yang ngebaca bisa lebih mudah memahami isi rangukamannya.

Nah, kalo semisal lo ada di posisi orang yang sedang merangkum, maka kalian hanya memilih bagian-bagian penting saja dalam satu mater. Artinya, bakalan ada bagian-bagian dalam materi yang mesti lo hilangkan, karena tujuan lo merangkum itu hanya untuk mencatat poin penting doang dalam suatu materi.

Lain lagi nih dengan ringkasan, ringkasan tuh juga kegiatan mencatat berbagai materi penting dalam suatu bab pembahasan materi. Tapi bedanya disini, lo nggak harus mencatatnya secara berurutan gaes, karena dalam meringkas, yang penting lo meringkas dan cuma lo doang yang ngerti alur ringkasannya. Orang lain mah ngga sepenuhnya bakalan ngerti sama alur ringkasan yang lo buat.

Baca Juga:  Perbedaan Ringkasan dan Ikhtisar

Jadi, letak perbedaam rangkuman dan ringkasan tuh disitu gaes, rangkuman itu berisi catatan singkat materi yang bersifat runtut dan sistematis. Kalo di ringkasan sih juga sama, mencatat poin-poin materi secara singkat, tapi nggak berurutan, random dan semau lo mencatatnya.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar