Ad Code

Apa Sih Perbedaan Ringkasan dan Ikhtisar?

Apa Sih Perbedaan Ringkasan dan Ikhtisar?

Hai gaes, salam lo pada yang masih semangat sekolah, meskipun kadang tatap muka, kadang juga online. Gue mau nanya nih, kalian pastinya sudah nggak asing dong dengan istilah ringkasan dan juga ikhtisar. Apa jangan-jangan malah ada perbedaan ringkasan dan ikhtisar?

Nah, menurut lo, ringkasan sama ikhtisar itu sama nggak sih? Kalo kalian pada bilang sama, tolong jelasin ke gue nih, persamaannya dimana dan kayak gimana?

  Soalnya, sejauh yang gue tahu, ringkasan ama ikhtisar itu nggak sama gaes.

Lah kok bisa nggak sama sih? Kalo kalian nanya begitu, kebetulan nih, disini gue mau sharing buat lo semua nih mengenai perbedaan antara ringasan dan ikhtisar.


Gue mulai dari ringkasan dulu deh, berdasarkan pendapat Erisy Syawiril Ammah dan Sudarsi Lestari pada buku Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi (2020), dijelaskan bahwa ringkasan merupakan teknik penyajian tulisan yang panjang menjadi sekumpulan kalimat pendek yang berisi poin inti dari beberpa gagasan utama dalam tulisan panjang tersebut.

Ringkasan dibuat dengan tanpa merubah susunan dan kandungan asli dalam teks yang sedang diringkas. Intinya, ringkasan hanya memperpendek tulisan menjadi bagian-bagian terpenting, namun terkadang, ringkasan dibuat secara acak, artinya tidak tersusun secara rapi dan hanya bisa dipahami oleh pembuat ringkasan.

Perbedaannya dengan Ikhtisar adalah, berdasarkan buku Cemerlang Berbahasa Indonesia (2019) nih yang ditulis sama May Vitha Ramadhani dan Narudin nih, jadi, Ikhtisar itu juga bentuk tulisan yang dikemas secara singkat dan padat ketimbang dari teks aslinya.


Letak perbedaannya tuh disini gaes, kalo di Ikhtisar itu, penulisnya nggak mesti harus mempertahankan keseluruhan bagian dari isi teks secara proporsional, singkat kata sih, susunan teks aslinya tidak harus tetap ada. Malahan, kalo lo lagi bikin Ikhtisar nih ya, lo tuh juga boleh buat menyajikan langsung isi pokok gagasannya dan juga solusinya.

Jadi, kurang lebihnya, seperti itu gaes, perbedaan ringkasan dan ikhtisar. gue yakin sekarang lo udah pada ngerti dan siap buat pelajarin materi itu di sekolah.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar