Ad Code

Rangkuman Materi Teks Eksposisi Kelas 8

materi teks eksposisi kelas 8

Hai gaes, kalian yang lagi di kelas 8 udah pelajarin apa aja nih di pelajaran bahasa Indonesia. Sharing lah sini sama gue, gue udah pelajarin materi teks eksposisi kelas 8 nih, lo semua udah pada selesai materi itu belom?

Kalo belom, disini gue bakalan spill materinya ke lo semua, biar pada sama-sama belajar deh. Bukankah sebagai sesame pelajar, kita emang kudu saling sharing seputar materi pelajaran? Hihihi yuk lah.

Pengertian Teks Eksposisi  

Pertama-tama nih, gue mau share dulu dimulai dari definisi dari teks eksposisi, emang apaan sih? Nah, teks eksposisi adalah sekumpulan tulisan yang berisi suatu pengetahuan yang bersifat informatif. Teks Eksposisi bakalan selalu dibuat berdasarkan fakta-fakta yang memang terjadi, kemudian, si penulis juga bakalan kasih argumentasi ataupun pendapatnya soal fakta informasi yang lagi dibahas.


Jadi, dalam teks eksposisi tuh artinya, si penulis berbagi suatu informasi kejadian yang bersifat fakta dan juga kasih gagasan yang bisa mengedukasi pembacanya. Trus, kalo semua Tanya ‘emang ciri teks eksposisi itu apaan sih?’ nah gue jawab juga nih.

Ciri Teks Eksposisi  

Pola Pengembangan Teks Eksposisi

Teks eksposisi juga ada beberapa pola pengembangannya sih.

1.Umum – Khusus
Sering disebut sebagai paragraf deduktif, soalnya, gagasan utamanya ada di awal paragraf dan kemudian disertai contoh.

2.Khusus – Umum
Disebutnya sih, paragraf Induktif, polanya tuh dimulai dari suatu contoh kasus yang kemudian dibahasnya menjadi ide pokok gagasan utama.

3.Ilustrasi
Disini penulis bakal kasih gagasan pokok di awal paragraf, kemudian diperjelas dengan ilustrasi yang ngejelasin gagasan pokok di awal pargaraf sebagai tambahan.


4.Perbandingan
Penulis bakal kasih dua hal sebagai bahan perbandingan untuk bahasan utamanya, tujuannya buat mengedukasi pemabaca sesuai pemahamannya.

Jadi, singkatnya, struktur teks eksposisi itu terdiri dari Thesis yang berupa pengenalan masalah, trus ada Rangkaian Argumen yang berisis pendapat penulis dan terakhir ada Penegasan Ulang yang berisi ringkasan teks eksposisi.

Jadi, materi teks eksposisi kelas 8 tuh kayak gitu gaes. Mudah kan? Iya dong. Gak ada yang sulit kalo kita emang serius belajar gaes.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar