Ad Code

Masih Suka Pinjam Uang? Ketahui Dulu Bahaya Berhutang Ini

apa saja bahaya berhutang itu?


Bahaya berhutang tak boleh disepelekan, apalagi jika lo memiliki hutang yang cukup banyak. Hutang tidak terjadi secara kebetulan saat lo menjalani kehidupan sehari-hari. Hutang ada karena lo yang memulainya misalnya, kebiasaan belanja tertentu dapat menyebabkan hutang.

Salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan hutang lainnya adalah membeli sesuatu secara kredit padahal lo memiliki uang tunai yang cukup. Mengetahui bahaya berhutang berlebihan dapat membuat lo berpikir untuk menghindari hutang kartu kredit dan mengurangi hutang yang lo miliki:

Bunga Tinggi

Jika lo berhutang ke bank, lo harus siap menerima syarat dan ketentuannya, salah satunya adalah adanya tambahan bunga pada pinjaman lo. Itu artinya, lo membayar hutang lo kembali jauh lebih banyak daripada pinjaman awal lo.


Selain itu, biasanya bank juga membebankan denda keterlambatan setiap kali lo terlambat membayar cicilan pinjaman. Dalam beberapa kasus, pembayaran hutang pinjaman yang melewati jatuh tempo akan dikenakan denda per hari. Untuk menghindari biaya yang timbul, sebaiknya bayar pinjaman lo sebelum tanggal jatuh tempo.

Sulit Mencapai Tujuan Finansial

Bahaya berhutang juga dapat membuat lo sulit mencapai tujuan finansial. Tujuan finansial adalah target yang ingin dicapai saat mengelola uang lo. Hal ini meliputi menabung, membeli sesuatu, liburan, atau bahkan berinvestasi.

Hutang menjadi salah satu hal terburuk yang dapat merusak keamanan finansial lo. Pembayaran hutang beserta tingkat suku bunga tinggi dapat menyedot penghasilan bulanan lo. Gaji lo akan habis untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga menabung menjadi tugas yang jauh lebih sulit.

Membuat Pikiran Tidak Tenang

Ketika lo memiliki hutang, sulit untuk tidak khawatir tentang bagaimana lo akan melakukan pembayaran atau bagaimana lo akan terus mengambil lebih banyak hutang untuk memenuhi kebutuhan.

Stres akibat hutang dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan hingga parah termasuk maag, migrain, depresi, dan bahkan serangan jantung. Semakin dalam lo berhutang, semakin besar kemungkinan lo mengalami stres dan masalah kesehatan tertentu.

Berdampak Pada Skor Kredit


Bagaimana cara lo membayar hutang menggambarkan seperti apa skor kredit lo. Melunasi hutang lo dengan cepat membantu meningkatkan skor kredit lo. Begitu sebaliknya, jika lo melewatkan pembayaran karena tidak mampu membayar hutang, lo akan kehilangan poin skor kredit.


Skor kredit memperlihatkan riwayat pembayaran hutang lo kepada entitas yang meminjamkan uang kepada lo. Memiliki skor kredit yang bagus sangatlah penting. Banyak manfaat yang bisa lo dapatkan, ketika lo memiliki nilai kredit yang baik, salah satunya adalah mudah untuk mengajukan pinjaman keuangan kembali.

Mengetahui bahaya berhutang menjadi salah satu cara menghilangkan kebiasaan berhutang. Hidup tanpa hutang adalah solusi mendapatkan ketenangan dan kedamaian pikiran, tanpa khawatir tagihan perbulan.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar