Ad Code

Definisi, Contoh, dan Jenis Utang

definisi contoh dan jenis utang


Apa sih definisi, contoh, dan jenis utang itu? Biar lo ngga bingung, simak yuk penjelasan singkat dari artikel di bawah ini.

---

Utang adalah sesuatu (biasanya uang) yang harus dibayar kembali kepada orang / organisasi yang meminjamkannya kepada lo sejak awal, terkadang ada beberapa biaya tambahan sebagai imbalan. Sebenarnya tidak semua utang disertai biaya tambahan (bunga) saat pengembalian, ini tergantung dari mana lo meminjam.

Jika lo meminjam uang dari bank, umumnya memang dikenakan bunga pinjaman. Bunga dihitung sebagai persentase dari saldo pinjaman, dibayarkan kepada bank secara berkala sebagai imbalan karena lo telah menggunakan uang mereka.

Definisi dan Contoh Utang

Secara umum, pengertian utang adalah uang yang dimiliki oleh satu pihak kepada pihak lain. Saat lo meminjam uang, lo akan membuat kesepakatan dengan pemberi pinjaman bahwa lo akan membayar kembali sesuai jadwal. Biasanya ditambah dengan biaya atau bunga.

Kebanyakan orang akrab dengan jenis utang yang umum seperti pinjaman bank, kartu kredit, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), kredit kendaraan, dan lain sebagainya. Pemberi pinjaman biasanya terdiri dari bank dan lembaga non-bank.


Membiarkan utang sebagai kebiasaan bisa menjadi beban yang mempersulit hidup lo, apalagi jika lo memiliki utang dalam jumlah banyak. Mulai menangani utang sampai lunas adalah salah satu cara mencapai keamanan finansial.

Jenis Utang

Utang konsumen dapat dikategorikan sebagai utang terjamin dan utang tanpa jaminan. Umumnya pembayaran utang bisa dilakukan dengan cara mengangsur. Dalam hal ini, lo membayar pinjaman kembali selama beberapa bulan atau tahun tertentu. Nominal pembayaran biasanya sama setiap bulan.

Utang Terjamin

Pengertian utang terjamin sama halnya seperti utang dengan agunan. Dalam sistem ini, pemberi pinjaman memiliki hak untuk menyita agunan lo tertentu, apabila lo tidak mampu membayar utang sesuai dengan kesepakatan.

Setelah lo menunggak pembayaran untuk jangka waktu tertentu, pemberi pinjaman berhak untuk memiliki properti dan menjualnya untuk melunasi pinjaman lo. Banyak agunan yang bisa dijaminkan seperti logam mulia, kendaraan, aset properti, hingga hasil kebun atau ternak.

Utang Tanpa Jaminan

Sebaliknya, utang tanpa jaminan tidak terkait dengan agunan. Pemberi pinjaman tidak memiliki hak untuk mengambil properti lo jika lo gagal membayar pinjaman. Contoh utang tanpa jaminan termasuk kartu kredit tanpa jaminan, pinjaman pelajar, tagihan medis, dan pinjaman gaji.

utang tak boleh disepelekan karena dampaknya sangat besar dalam kehidupan lo. Jika lo berani berutang ke lembaga keuangan tertentu, lo juga harus siap menerima apapun resikonya. Resikonya dapat berupa bunga, biaya administrasi, sampai denda keterlambatan pembayaran.


Penagih utang menggunakan berbagai taktik untuk mendapatkan pembayaran. Supaya lo segera membayar tagihan lo, penagih utang akan melakukan berbagai cara mulai dari menelepon lo, mengirim surat, dan menambahkan utang ke laporan kredit lo.

Setelah mengetahui pengertian utang, ada baiknya lo memperhatikan utang yang lo miliki. Mengelola utang dengan bijak adalah salah satu cara mencapai keamanan finansial lo. Karena itu, sebaiknya segera lunasi utang lo dan hindari berutang kembali kecuali jika lo benar-benar membutuhkannya
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar