Ad Code

Cari Materi Artikel Kelas 12? Coba Cek Ini Dulu

rangkuman materi teks eksposisi

Halo gaes, hari ini Gue mau share ke lo pada nih, seputar materi artikel kelas 12 yang pastinya bakalan bermanfaat banget. Pastinya gue yakin lo semua bakalan lebih mudah ngertinya kalo sebelum pelajarin di sekolah, lo udah pada baca duluan materi artikel buat kelas 12. Gue spill dikit nih materinya buat lo semua.

Pengertian Artikel

Materi artikel kelas 12 ini pastinya bakalan lo jumpai waktu di pelajaran bahasa Indonesia, lo bakalan diminta buat ngerti soal definisi artikel. Artikel itu merupakan sebuah karya tulis berupa fakta dan opini yang biasa dijumpai di berbagai media, dengan tujuan untuk mendidik dan juga menghibur pembacanya.

Ciri Artikel

Ciri artikel bisa lo kenalin pada isinya yang berupa fakta yang singkat, padat dan jelas tapi bersifat faktual dan informatif. Umumnya sih artikel itu ditulis pake bahasa yang baku dan lugas biar pembacanya ngerti dengan gagasan yang dituangin dalam artikel.

Struktur Artikel

Struktur artikel tuh ringkets banget, cuma terbagi atas tiga bagian doang, pertama, bagian pembuka, isinya pengenalan terhadap hal yang mau dibahas. Trus yang kedua, bagian isi, disini penulis artikel udah mulai ngebahas pokok gagasannya. Terakhir, penutup, umumnya sih berisi kesimpulan gitu dan rangkuman intinya.

Jenis Artikel

Nah, terakhir nih soal jenis-jenis artikel, ada banyak sih, gue mau jelasin nih buat lo pada.

1.Narasi
Artikel narasi nih ngebahas kejadian secara kronologis, artinya berurutan dan sistematis. Semisal nih, ngebahas soal kisah pengalaman seorang tokoh.

2.Deskripsi
Artikel deskripsi nih lebih ke ngebahasin suatu hal secara detail, seolah-olah pembaca tuh juga ngerasain dan bisa ngebayangin apa yang lagi dibahas.

3.Eksposisi
Ga jauh beda sih sama dua jenis artikel diatas, tujuannya juga sama-sama ngeshare informasi, tapi di Eksposisi dikasih tambahan gambar ato data pendukung gitu.


4.Argumentasi
Artikel ini lebih ke nguji kebenaran suatu hal sih, biasanya pake nambahin data ato informasi buat ngedukung opini penulis.

5.Persuasi
Tujuannya lebih ke mengarahkan pembaca buat ngikutin gagasan penulis, paling nggak, pembaca bisa ngerti lah sama gagasan penulis. Biasanya sih artikel yang ngebahas soal bahaya narkoba, itu termasuk Persuasi.

Oke, segitu dulu ya gue spill materi artikel kelas 12, selebihnya lu bisa pelajarin di sekolah. Semoga bermanfaat.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar