Ad Code

5 Alasan Lo Harus Mencicil Hutang Sampai Lunas

mencicil hutang sampai lunas


Mencicil hutang adalah tindakan membayar kembali uang yang sebelumnya dipinjam dari pemberi pinjaman. Di bank, pengembalian dana pinjaman biasanya dilakukan secara berkala dengan mencakup pokok dan bunga. Lama waktu angsuran pun bervariasi mulai dari bulanan hingga tahunan.

Baik meminjam di bank maupun di tempat lain, hutang harus lo bayar sampai lunas. Jangan terbiasa membiarkan hutang menumpuk karena itu dapat menyusahkan lo di kemudian hari ini. Jika lo belum mampu melunasi hutang sekaligus, setidaknya lo bisa mengangsur hutang sampai lunas. Mengapa harus mencicil hutang? ini alasannya!

Meningkatkan Keamanan Finansial

Hutang adalah ancaman serius bagi keamanan finansial lo. Hal ini karena hutang membuat penghasilan lo menjadi berkurang. Dengan mencicil hutang sampai lunas, lo akan segera mencapai keamanan finansial. Ketika hutang lunas, lo bisa fokus mencapai tujuan keuangan lo lainnya.

Mengurangi Stres Berlebihan

Hutang dapat menyebabkan stres karena lo khawatir tentang bagaimana lo akan menutupi semua pembayaran hutang dan biaya hidup lainnya. Sesekali stres mungkin tidak berbahaya tetapi stres dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.


Dengan mencicil hutang, lama-lama hutang lo akan lunas. Perlahan, hal ini akan membantu lo menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia. Semakin cepat lo melunasi hutang, semakin cepat juga lo membantu meringankan stres itu.

Beban Tagihan Berkurang

Semakin banyak lo meminjam uang di beberapa tempat, semakin banyak tagihan yang harus lo tanggung dan bayarkan. Setelah lo bebas dari hutang, lo akan memiliki lebih sedikit tagihan yang masuk setiap bulan. Hal ini akan membuat tagihan lo berkurang.

Lo hanya akan memiliki beberapa pengeluaran bulanan seperti utilitas, asuransi, dan layanan telepon seluler. Semua ini tidak memiliki pembayaran minimum dan biaya bunga serta kewajiban jangka panjang.

Nikmati Uang yang Lo Miliki

Tanggungan hutang membuat lo memiliki lebih sedikit uang untuk mendapatkan apa yang benar-benar lo inginkan dalam hidup. Demi membayar hutang, lo harus menunda untuk mendapatkan apa yang lo inginkan.


Jika lo sangat menginginkannya, lo terpaksa harus berhutang kembali. Hal ini membuat banyak lo semakin terjerat hutang. Melunasi hutang lo mengakhiri lingkaran buruk ini dan membebaskan uang lo untuk membeli hal-hal yang memang lo inginkan.

Menciptakan Skor Kredit yang Bagus

Jika lo membayar tagihan tepat waktu, lo dapat meningkatkan skor kredit yang bagus. Begitu sebaliknya, terlalu banyak hutang terutama hutang kartu kredit, dapat berdampak negatif pada skor kredit lo. Mencicil hutang lebih cepat memungkinkan lo memiliki nilai kredit yang baik.

Itulah beberapa alasan pentingnya mencicil hutang sampai lunas. Dengan melunasi hutang, lo dapat fokus ke tujuan finansial lo lainnya.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar