Ad Code

Manfaat Berhutang Sebagai Struktur Modal

manfaat berhutang sebagai struktur modal


Perusahaan seringkali menggunakan hutang ketika membangun struktur modalnya. Hal ini karena manfaat hutang memiliki kelebihan tertentu dibandingkan dengan pembiayaan ekuitas. Secara umum, menggunakan hutang membantu menjaga keuntungan dalam perusahaan dan membantu mengamankan penghematan pajak.

Meski begitu, tetap ada kewajiban keuangan berkelanjutan yang harus dikelola, yang dapat mempengaruhi arus kas lo. Berikut ini adalah manfaat berhutang untuk mengelola dan menjalankan bisnis lo:

Biaya Pembiayaan yang Lebih Rendah

Dibandingkan ekuitas, hutang membutuhkan biaya pembiayaan yang lebih rendah. Hal ini karena hutang itu terbatas, sehingga lo secara kontraktual berkewajiban untuk melakukan pembayaran bunga berkala dan mengembalikan pokok hutang untuk jangka waktu tertentu. Setelah itu, hutang lunas.


Disisi lain, ekuitas bisa dikatakan tidak terbatas. Setelah lo menjual saham di perusahaan, lo akan membayar sebagian dari keuntungan lo kepada pemegang ekuitas untuk selamanya.

Menjaga Keuntungan Bisnis

Meskipun menggunakan hutang dapat menambah tekanan pada operasi perusahaan yang sedang berjalan karena harus memenuhi kewajiban pembayaran bunga, ini membantu mempertahankan lebih banyak keuntungan dalam perusahaan dibandingkan dengan menggunakan ekuitas.

Hal ini karena ekuitas membutuhkan pembagian keuntungan perusahaan dengan pemegang ekuitas. Dengan menggunakan hutang, perusahaan hanya perlu membayar sejumlah bunga dari keuntungan mereka. Sedangkan dalam ekuitas, semakin banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan, semakin banyak juga yang harus dibagikan dengan investor ekuitas.

Untuk memanfaatkan fitur pembiayaan utang seperti itu, perusahaan sering kali menggunakan utang. Utang digunakan untuk membiayai operasi bisnis yang stabil di mana mereka bisa lebih mudah melakukan pembayaran bunga berkelanjutan sambil menyimpan sisa keuntungan untuk bisnis mereka sendiri.

Memaksimalkan Pengaruh Financial Leverage

Menggunakan hutang juga menguntungkan bagi pemilik karena pengaruh financial leverage. Ketika perusahaan menggunakan hutang untuk memberikan modal tambahan untuk operasi bisnis mereka, pemilik ekuitas dapat menyimpan keuntungan tambahan yang dihasilkan oleh modal hutang, setelah pembayaran bunga.


Dengan jumlah investasi ekuitas yang sama, investor ekuitas memiliki pengembalian ekuitas yang lebih tinggi karena keuntungan tambahan yang diberikan oleh modal hutang.

Selama menggunakan hutang tidak mengancam kesehatan keuangan perusahaan di saat-saat sulit, pemilik ekuitas menyambut penggunaan hutang tertentu untuk membantu meningkatkan hasil investasi mereka.

Pemotongan Bunga Berarti Penghematan Pajak

Menggunakan hutang membantu menurunkan pajak perusahaan karena pengurangan bunga yang diperbolehkan. Aturan pajak mengizinkan pembayaran bunga sebagai pengurang beban terhadap pendapatan untuk sampai pada pendapatan kena pajak.

Semakin rendah penghasilan kena pajak, semakin sedikit pajak yang dibayar perusahaan. Di sisi lain, dividen yang dibayarkan kepada pemegang ekuitas tidak dapat mengurangi pajak dan harus berasal dari pendapatan setelah pajak.

Oleh karena itu, penghematan pajak membantu mengurangi biaya pendanaan hutang perusahaan. Ini merupakan manfaat hutang atau bisa disebut keuntungan yang tidak dimiliki oleh pendanaan ekuitas.

Meskipun ada beberapa manfaat hutang untuk modal tetapi akan lebih baik, jika lo menggunakan modal sendiri untuk bisnis. Dengan begitu, lo tidak perlu khawatir dengan tagihan hutang dan bunga yang cukup tinggi.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar