Ad Code

Ketahui Ciri Hamil Sebelum Telat Haid

ciri hamil sebelum telat haid



Terlambat datang bulan adalah tanda seorang wanita hamil, tapi ini bukan satu-satunya tanda kehamilan. Hal ini karena ketika sel telur dibuahi oleh sperma dan ditanamkan di dinding rahim, hal itu bisa terjadi jauh sebelum menstruasi. Jadi mungkin ada tanda-tanda kehamilan lain yang muncul sebelum telat haid.

Pada awal kehamilan, tubuh mulai menunjukkan tanda atau indikasi. Namun, beberapa wanita tidak mengenali tanda-tanda ini. Tes kehamilan adalah cara paling akurat untuk mengetahui apakah Anda hamil. Tetapi mengalami beberapa gejala dapat mengungkapkan tanda-tanda awal kehamilan, bahkan sebelum Anda melewatkan menstruasi. Nah, berikut ini beberapa ciri-ciri hamil sebelum telat haid.

Kram


Kram menjadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang pertama. Anda akan merasakan kram ringan jika sedang hamil. Kram ini rasanya mirip dengan kram sebelum atau awal haid, namun akan terasa pada perut bagian bawah atau punggung bawah.

Perubahan payudara


Dengan meningkatnya kadar estrogen setelah pembuahan, tubuh akan merasa nyeri dan mengalami beberapa perubahan pada payudara. Gejala-gejala ini tidak jauh berbeda dengan gejala pra menstruasi, tetapi akan bertahan setelah periode yang terlewat.

Lelah


Perubahan kadar hormon progesteron membuat tubuh selalu merasa lelah dan mengantuk. Kelelahan dan kantuk adalah tanda awal kehamilan dan ini akan berlangsung selama trimester pertama. Tubuh juga mulai memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin, yang mana meningkatkan rasa kelelahan.

Mual


Mual atau muntah adalah gejala kehamilan yang sangat umum terjadi, disebut sebagai morning sickness. Tanda ini dapat mulai terjadi sedini 46 minggu setelah pembuahan. Alasannya karena jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat, sehingga setiap hari Anda merasa mual dan ingin muntah. Rasa mual tidak serta merta terjadi di pagi hari tetapi bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan berlangsung sepanjang hari. Sekitar 80% ibu hamil sering mengalami mual pada minggu-minggu pertama kehamilan sebelum telat haid. Namun, tingkat keparahan bervariasi dari wanita ke wanita.

Sering Buang Air Kecil


Kecenderungan buang air kecil ini meningkat selama kehamilan dan terjadi karena perubahan hormonal yang menyebabkan rahim mendorong kandung kemih. Seiring dengan perubahan hormonal dan produksi darah ekstra, gejala ini menjadi umum selama kehamilan. Hampir semua ibu merasakan gejala ini. Bahkan lebih sering buang air kecil akan menjadi lebih dekat dengan waktu persalinan.

Nah, itulah ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang perlu Anda ketahui. Jika sudah merasakan tanda-tanda kehamilan tersebut, untuk memastikan secara akurat apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan melakukan tes kehamilan. Tanda tersebut bisa memberi firasat Anda untuk melakukan tes kehamilan. Waktu ideal untuk melakukan tes kehamilan di rumah adalah seminggu setelah telat haid. Ada kemungkinan hingga 90% untuk mendapatkan hasil yang akurat jika tes dilakukan setelah batas waktu telat haid.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar