Ad Code

Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

tanda kehamilan sebelum telat haid


Adanya tanda-tanda awal kehamilan menjadi momen yang paling dinantikan oleh calon orang tua yang tengah menginginkan hadirnya buah hati. Selain itu, kehamilan juga menandakan bahwa pasangan tersebut memiliki kesuburan yang baik. Bagi sebagian perempuan, tanda-tanda awal kehamilan sangat membingungkan. Hal ini karena pada sebagian perempuan, tanda awal kehamilan menunjukkan gejala yang mengganggu, seperti morning sickness dan sakit punggung yang seharusnya tidak dirasakan pada trimester awal. Namun ada juga perempuan yang sudah merasa ada sesuatu di dalam tubuhnya bahkan sebelum ia haid. Untuk mengetahui lebih lengkap, artikel ini telah merangkum tanda awal kehamilan sebelum telat haid.

Payudara Lebih Lunak dan Membesar


Payudara menjadi bagian tubuh pertama yang mendapatkan “sinyal” ketika terjadi pembuahan. Sebagian perempuan akan merasa payudara menjadi lebih lunak, sensitif, dan nyeri saat disentuh. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa gejala ini berbeda dengan saat menjelang haid.

Area Putih Menjadi Gelap


Masih di area payudara, tanda lain yang menunjukkan awal kehamilan yaitu area di sekeliling puting berwarna lebih gelap dan menonjol dari biasanya. Selain itu, diameternya juga bertambah setelah beberapa minggu pembuahan. Ini menjadi tanda persiapan awal bagi puting untuk menyusui.

Mudah Lelah


Memasuki trimester awal, hormon-hormon kehamilan akan terus meningkat. Alhasil pada empat bulan kehamilan, ibu hamil akan merasa mudah lelah dan ngantuk. Meskipun demikian, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kafein, karena dapat berbahaya bagi janin.

Mual


Setelah beberapa hari terjadi pembuahan, kamu akan mengalami mual. Hal ini disebabkan oleh kehadiran hormon-hormon kehamilan yang datang secara tiba-tiba. Tanda-tanda ini umumnya memuncak pada 4-6 minggu kehamilan.

Sensitif Terhadap Bau


Aktivitas estrogen menyebabkan indera penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif. Hal ini pula yang membuat ibu hamil sering mual.

Sering BAK


Setelah dua minggu pembuahan, ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk menyaring darah. Selain itu, pada saat hamil, rahim akan membesar dan mulai mendorong kandung kemih.

Sering Merasa Kembung


Kembung menjadi salah satu gejala yang paling mengganggu saat menjelang haid. Akan tetapi, hal ini juga akan dirasakan pada saat awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh tingginya hormon progesterone yang dapat memperlambat saluran pencernaan sehingga menjebak gas di dalam usus.

Nah, itulah ciri-ciri atau tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang perlu kamu ketahui. Jika sudah merasakan tanda-tanda kehamilan tersebut, segeralah untuk melakukan pengecekan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik saat hamil muda
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar