Ad Code

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

cara menghilangkan noda hitam di wajah


Banyak hal yang dapat menyebabkan noda hitam atau flek di wajah, salah satunya adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini umum terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Melanin dibuat oleh sel-sel di kulit dan merupakan pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, jaringan parut, penuaan, dan banyak lagi. Di samping itu, obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab muncul noda hitam di wajah. Pigmentasi kulit menyebabkan kulit berubah warna, menyebabkan bintik-bintik gelap. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda hitam di wajah?

Ada beberapa cara menghilangkan noda hitam di wajah secara alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan sebagai perawatan kulit untuk menghilangkan noda hitam.

Masker Buah Delima


Banyak ahli percaya bahwa asam ellagic (senyawa antioksidan yang ditemukan dalam buah delima, ceri, dan stroberi) dapat membantu mengobati bintik hitam di wajah. Dilansir dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 oleh Very Well Health yang meneliti penggunaan topikal ekstrak kulit buah delima pada kulit selama 12 minggu. Diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak tersebut berdampak pada bintik hitam dan tingkat pigmentasi pada kulit.

Teh Hijau


Teh hijau kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), senyawa polifenol yang diyakini memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk perlindungan kulit. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mengurangi produksi melanin. Selain itu, teh hijau juga memiliki efek positif dalam menghidrasi kulit, melembabkan dan membatasi pembentukan kerutan. Studi lain menunjukkan bahwa teh hitam yang difermentasi menghasilkan polifenol yang selanjutnya dapat menghambat pembentukan dan pengendapan melanin.

Minyak Esensial


Minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi (minyak esensial yuzu), sering dianggap sebagai obat untuk berbagai masalah kulit, termasuk bintik hitam di wajah. Para ahli juga percaya bahwa banyak minyak esensial memiliki efek anti-penuaan pada kulit.

Bubuk Kunyit


Bubuk kunyit juga dipercaya dapat meringankan bintik-bintik gelap di wajah. Namun, untuk mencoba langkah ini, kamu perlu mencampur bubuk kunyit dengan bahan lainnya untuk efek yang lebih maksimal. Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 12 sendok teh susu dan 1 sendok teh jus lemon.

Campur ketiga bahan untuk membuat pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kemudian jangan lupa untuk mengoleskan pelembab.

Inilah beberapa cara menghilangkan noda hitam di wajah. Pahami juga bahwa dibutuhkan kesabaran untuk melihat hasilnya. Jika menurutmu cara alami tidak cukup efektif dilakukan, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit dan spesialis kesuburan.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar