Ad Code

Malaikat Israfil Bertugas Untuk Apa Ya? Simak Nih

malaikat israfil bertugas


Dalam Islam, ada 10 malaikat yang wajib dipercayai dan diyakini keberadaannya. Salah satunya adalah Malaikat Israfil. Lalu bagaimana Malaikat Israfil bertugas ? Sebelum membahas tentang tugas Israfil, maka kita perlu tahu bahwa Israfil adalah malaikat yang digambarkan sangat besar. Satu sayapnya digambarkan berada di sebelah timur dan satunya lagi berada di barat. Sementara itu, kakinya berada di lapisan bumi ketujuh. Maka bisa dibayangkan betapa besarnya Malaikat Israfil itu dan seperti halnya dengan malaikat lainnya, Israfil sangat patuh pada perintah Allah termasuk dalam menjalankan tugasnya. Untuk mengetahui apa saja tugas Malaikat Israfil, simak penjelasan berikut ini, ya !

Meniup Sangkakala


Tugas utama Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala di hari kiamat. Dimana saat hari itu tiba, dunia dan seisinya akan hancur lebur. Begitu juga dengan umat manusia. Sangkakala hanya akan ditiup saat hari kiamat tiba dan tidak ada satupun yang tahu kapan hari itu akan datang kecuali Allah. Sangkakala akan ditiup sebanyak 3 kali.

Menemani Malaikat Lain Bertasbih


Selain menjalankan tugas utamanya untuk meniup sangkakala, Malaikat Israfil juga bertugas menemani malaikat lain untuk bertasbih kepada Allah. Hal ini sesuai seperti yang tertulis dalam kitab Syarah Daqoiqul Akhbar.

Mengayomi Seluruh Makhluk dan Alam Semesta


Malaikat Israfil pernah meminta kepada Allah agar ia diberikan kekuatan langit dan bumi. Kemudian Allah SWT mengabulkan permintaannya, dan Israfil pun memiliki kekuatan 7 langit dan 7 lapisan bumi, kekuatan angin dan kekuatan gunung. Dengan kekuatan-kekuatan tersebut, maka Allah mengutus Malaikat Israfil bertugas untuk mengayomi seluruh makhluk dan alam semesta. Hal ini karena tugas tersebut setimpal dengan kekuatan yang dimiliki Malaikat Israfil.

Memikul Arsy


Selanjutnya, Malaikat Israfil bertugas memikul Arsy. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Syarah Al-Aqidah Al-Wasithiyyah, di mana dalam kitab itu disebutkan bahwa “Yang kedua (malaikat) Israfil, yang diberi tugas meniup sangkakala dan dia juga salah satu malaikat yang memikul Arsy”. Memikul Arsy berarti mendoakan orang-orang yang beriman. Sebagaimana yang tertulis dalam Q.S Al-Ghafir ayat 7-9 yang berbunyi

“(Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhan dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala”

Itulah beberapa tugas Malaikat Israfil yang perlu diketahui bersama sebagai umat Muslim. Jadi meskipun hari kiamat belum tiba. Tetap Malaikat Israfil bertugas sesuai dengan apa yang menjadi tugasnya.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar