Ad Code

Apa Saja Kewajiban Suami terhadap Istri?

kewajiban suami terhadap istri


Untuk membangun keluarga yang harmonis dan bahagia, maka setiap pasangan harus memenuhi kewajibannya. Tidak hanya berlaku pada istri, namun kewajiban suami terhadap istri juga sama pentingnya untuk dilakukan. Hal ini karena tidak lepas dari pandangan masyarakat yang hanya menekankan kewajiban istri pada suami. Sedangkan kewajiban suami terhadap istri sering kali tidak diungkit.

Perlu diketahui juga bahwa kewajiban seorang suami kepada istrinya tidak hanya berkaitan dengan uang atau kebutuhan pokok seperti sandang dan papan, tetapi juga menyangkut banyak hal lain yang jarang diketahui. Berikut ini beberapa kewajiban seorang suami terhadap istrinya yang wajib diketahui oleh para suami.

Bergaul dan Bertutur Kata yang Lembut


Bergaul di sini adalah agar suami berinteraksi dengan istri dengan cara yang baik dan sopan. Sekalipun seorang suami berperan sebagai kepala rumah tangga, ia tidak selayaknya untuk menjaga jarak dari istrinya.

Menunjukkan Kasih Sayang


Selain kelembutan, kewajiban lain seorang suami kepada istri adalah selalu menunjukkan kasih sayang padanya. Bahkan ketika sedang marah, seorang suami dituntut untuk berperilaku baik dan menunjukkan kasih sayangnya. Rasulullah SAW melakukan hal yang sama kepada istrinya.

Menjaga Harta Istri


Harta milik perempuan, seperti mahar dari suaminya atau hasil jerih payahnya sendiri adalah milik perempuan itu. Menjaga harta istri di sini berarti bahwa suami tidak boleh mengklaim sebagai miliknya. Jika ia hendak menggunakan sebagian atau seluruh hartanya, ia harus mendapat izin dari istrinya.

Dengan demikian, perempuan memiliki kedaulatan atas kepemilikan tanah.

Memuliakan Keluarga Istri


Kewajiban suami terhadap istri berikutnya adalah menghormati keluarga istri. Seorang wanita memiliki ikatan emosional yang kuat dengan keluarganya. Oleh karena itu, suami harus memperlakukan keluarga istrinya terlebih orang tuanya dengan baik dan menghormatinya. Sikap buruk seorang suami terhadap keluarga istrinya dapat menimbulkan masalah dalam keluarga.

Memberi Pendidikan Agama


Sebagai kepala rumah tangga, suami juga harus mengajarkan ilmu agama yang baik kepada istrinya. Hal ini dijelaskan dalam Surah At Tahrim, ayat 6, yaitu:

“Wahai orang-orang yang beriman, pelihara dirimu (dan anakmu) dan istrimu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim 6).

Itulah tugas, tanggung jawab dan kewajiban suami terhadap istri yang perlu diketahui. Semoga sebagai seorang suami kita sudah memenuhi kewajiban di atas dengan baik, ya !
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar