Belajar Jadi Blogger, Gimana Mulainya?

belajar jadi blogger


Kadang masih ada pertanyaan yang datang ke gue, entah dari mana tuh platformnya. Nanyain tentang tips belajar jadi blogger supaya sukses itu gimana. Lah, kebanyakan malah gue jawab “Gue aja nggak sukses-sukses tuh jadi blogger”. Ya karena gue sendiri menganggap diri gue bukan blogger. Gue cuma admin website.

Yep, kalo gue blogger tuh dah kayak orang-orang yang rutin dapat tawaran job buat review ini ono anu. Aktif di komunitas. Sampe bisa jadi pembicara kondang di sana di mari. Makanya, ketika banyak orang yang tanya terkait per-blogger-an ke gue, wah bukannya salah sih. Tapi yaa mbok dicari yang lain dulu, kira-kira yang capable ngebahas per-bloggeran ini.

Oke, kita kembali ke judul.

Di artikel ini gue akan sedikit aja sih membagikan pengalaman gue sampai akhirnya dikenal orang sebagai blogger.

Hedeeehh….padahal gue admin beberapa website. Liat aja sendiri, blog ini kan jarang banget update. Sekalinya update, kontennya pasti ngga berkualitas.

Gimana sih belajar buat jadi blogger?

Paling ngga ada beberapa hal yang bisa lo pegang sebagai acuan, pondasi, pegangan, atau sandaran dalam berpikir untuk menjadi blogger. Perlu diingat dulu nih, menjadi seorang blogger itu bukan pekerjaan instan yang bisa menghasilkan uang banyak dalam sekejap lho. Jadi, buat lo yang suka dengan hal-hal berbau instan, mending baca artikel lainnya ya.

Baca Juga:



Oke, paling ngga ada beberapa hal yang harus lo pegang bener-bener nih terkait kepengenan menjadi blogger.

1. Pasang Niat Awal

Ketika lo memutuskan untuk menjadi seorang blogger, paling ngga lo harus punya niat awal yang kuat. Kedepannya nanti mau beneran fokus menjadi blogger atau hanya sampingan aja. Selain itu pastiin juga tujuannya tuh untuk apa lo jadi blogger? Jadi terkenal kah? Cari duit kah? Ini sih pasti ya. Atau ada tujuan yang lain, jadi keren di mata calon mertua gitu misalnya.

Nah, gue pribadi sih ngeblog itu niatnya buat mengasah keterampilan menulis gue sih. Malu aja lulusan Bahasa Indonesia tapi ngga jago nulis. Sia-sia dah gue kuliah selama ini. Masalah dapet duit atau dikenal orang, bagi gue sih itu bonus.

2. Pilih Platform Blog

Udah banyak lah ya artikel yang mengulas segala macam platform buat ngeblog mulai dari blogspot, wordpress, tumbler, medium, dan lain-lain.

Kalau ditanya mana yang bagus? Ya gue jawab yang sesuai dengan tujuan lo tadi. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan kok. Ngga bisa digeneralisir semuanya dalam satu sudut pandang.

Ada kok blogger yang sukses pakai blogspot. Ada juga yang sukses pake wordpress. Gue sendiri blog ini pake blogspot loh. Meskipun ada beberapa blog di luar sana yang gue develop pakai wordpress juga sih. Udah, balik lagi dah poin ke-2 ini sesuai dengan keputusan masing-masin aja biar ngga ribet.

3. Usahain Beli Domain

Kalau pas awal-awal coba ngeblog ngga ada salahnya pakai domain gratisan dari blogspot atau wordpress deh. Hitung-hitung buat belajar nulis dan ngembangin diri. Tapi kalau udah yakin dan fix buat dijadiin rutinitas, mending beli domain deh biar keliatan professional.

Banyak penyedia jasa domain gitu yang bisa lo pilih. Harganya pun beragam dan pastiin sesuai isi kantong. Kenapa? Karena domain ini harus rutin diperpanjang setiap tahunnya. Nah, paling ngga kan lo harus nyisihin uang buat rutin beli domain atau perpanjang tiap tahun kan? Dah macem kayak bayar pajak aja.

4. Tulis yang Lo Suka

Lo suka otomotif yang tulis atau isi blog lo dengan otomotif. Begitu juga tema-tema lainnya. Nah kalau blog ini kan gue lebih suka ngebacot ya. Jadinya ya fokus aja buat ngebacotin berbagai hal yang ada disekitar gue. Makanya isinya ada tentang keuangan, otomotif, bahkan agama. Wkwkwkwk ngga SARA kok tenang aja.

Menulis tentang apa yang lo suka ini ngebantu banget buat rutin update tulisan loh. Karena ngga akan berhenti di satu ide aja. Bayangin kalau lo suka otomotif, terus nekat ngambil tema buat blog tentang pelajaran. Wakakakaka….yang ada malahan bakal pusing. Bener apa betul?

Udah ah, ini tulisan udah lumayan panjang deh menurut gue. Sampai jumpa di artikel yang lainnya ya. Doakan semoga gue konsisten update tulisannya wkwkw...

Posting Komentar

0 Komentar