5 Tips Konsisten Menulis di Blog

tips konsisten menulis

Gue lagi sok sok-an mau ngasih tips konsisten menulis di blog. Halah…!!

Padahal blognya sendiri yang ini, blogbangbot.com keurus sih sebenernya, tapi kadang cuma ditengok aja. Baru akhir-akhir ini aja publish. Mau coba ngerutinin lagi update di blog ini.

Bukan karena apa sih, nanti gue bakalan kasih info juga deh alasan kenapa harus rutin update artikel di blog. Sekarang mah yang penting gue mau kasih ilmu gue yang sedikit aja dulu nih buat teman-teman yang sekarang-sekarang ini lagi mau coba aktif ngeblog atau bikin blog baru gitu biar rutin menulisnya itu gimana sih. Berikut tips dari gue.

Baca Juga:



1. Jangan Kelamaan Riset

Biasanya sih para penulis itu kalau udah nemu tema yang akan dibahas, kemudian akan melakukan riset. Bener, emang perlu kok riset. Tapi jangan kelamaan. Cari info yang penting-penting aja dan kemudian langsung dirangkum intinya aja.

2. Tema Bisa dari Mana Aja

Lagi nongkrong di dalem kamar mandi atau lagi mandi aja bisa kok ada inspirasi yang dateng. Paling gampang deh, dari lingkungan sekitar. Lo mau bahas apa, catet. Udah ketemu yang mau ditulis tuh catet dulu biar ngga keburu lupa. Baru setelah itu bisa lo kembangin.

3. Buat Jadwal Rutin

Blogger yang punya status sebagai karyawan penuh waktu kayak gue emang harus pinter manajemen waktunya. Sebisa mungkin cari celah mungkin di akhir pekan untuk update tulisan (kayak blog ini, akhir pekan update). Jangan sampai menganggu waktu kerja dan istirahat lo pokoknya. Ngga mesti sehari langsung jadi. Bisa dicicil di hari Sabtu berapa persen, Minggu nya baru kelarin.

4. Temukan Motivasi Menulis di Blog

Lo yang udah atau bahkan baru mau bikin blog, coba deh temuin motivasi terbesar lo buat bikin blog itu apa? Personal branding kah? Cari duit dari Google Adsense kah? Melatih kepenulisan? Atau hanya mengisi waktu luang? Alasan tiap orang beda-beda. Makanya, kalau udah nemu motivasi paling kuat, harus dipegang teguh ya.

5. Jangan Terlalu Perfeksionis

Tulisan seorang blogger menurut gue emang harus bermanfaat buat yang baca. Tapi, tidak harus sempurna. Tulisan tidak ada yang sempurna. Kalo gue pribadi sih menulis sebuah tulisan itu patokannya bukan sebuah kesempurnaan. Gue berpatokan bahwa artikel yang gue tulis kali ini harus punya manfaat lebih dari tulisan gue sebelumnya.

Gimana? Sekarang udah tersadarkan belum buat mulai menerapkan tips konsisten menulis di blog? Semoga aja ya. Percaya deh, kekonsistensian lo suatu saat nanti ngga akan sia-sia. Ada saatnya lo bakal petik buah dari rutin nulis di blog.

Sampai jumpa di artikel gue yang lainnya ya…

Posting Komentar

0 Komentar