Bukan Review dan Cerita

Jumat, 13 November 2020

Kata Siapa Menulis Itu Mudah?

Beberapa orang masih aja beranggapan bahwa menulis itu mudah. Eh, nanti dulu. Maksudnya ini nulis apa nih? Nulis catatan tagihan utang atau nulis daftar belanjaan? Kalo itu mah emang gampang. Tapi yang gue maksud di sini itu nulis yang punya tujuan untuk memengaruhi orang lain. Influence.

Oke, kita batasin ya. Artikel ini ngebahas apa benar menulis untuk memengaruhi orang lain itu mudah?

Gue pernah dibilangin sama salah satu dosen pas gue kuliah dulu. Beliau pernah ngomong gini…

menulis itu mudah
gambar gue comot di pexels dari John-Mark Smith


“Menulis itu keterampilan berbahasa tingkat paling akhir”

Dari situ gue mulai berpikir. Ada benernya juga sih. Soalnya nih, seinget gue ya yang kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, keterampilan menulis itu ditaro di tingkat akhir gitu. Pertama membaca, menyimak, berbicara, baru menulis deh. 

Sekarang, coba sama-sama kita bayangin…

foto dan video asusila gisel
gue ngambil foto ini dari tribunnews.com ya

Weh, bukan bayangin yang ini…

Maksud gue bayangin lo diminta nulis tentang diri lo untuk dipromosikan. Semacem jual diri gitu. 

Maap ya bahasanya kasar. Jual diri disini itu, supaya orang lain tuh bisa tau lo itu punya kemampuan apa sih. Punya kelebihan apa sih selain berat badan.

Bayangin sebuah lembaran microsoft word yang kosong putih gitu. Terus lo harus menuliskan keunggulan lo. Ceritain deh.


Bisa aja lo isi asal-asalan kan dengan kalimat…

“Saya pintar, saya pandai menggunakan aplikasi kakao talk”

kakao talk indonesia
gue comot dari pulsenews.co.kr


Tapi apa bisa orang tertarik kalo gaya penulisan lo seperti itu? Maka dari itu sulit kan menulis tentang diri sendiri yang ingin dijual?

Itu baru kesulitan pertama. Nulis yang ngga pake riset dan wawancara sana-sini. Kalo pake riset segala plus wawancara. Wah, bisa makin sulit sih. Kalo gue pribadi sih ya, nulis yang bener-bener pake sumber data yang valid itu emang sulit loh. Harus bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Validitasnya.

Nulis puisi aja nih ya, menurut gue tuh sulitnya minta ampun loh. Lo harus menghidupkan semua indra yang ada dalam diri lo buat nangkep tanda-tanda disekitar dan mengubahnya ke dalam diksi gitu.

Makanya gue tuh salut banget sama teman-teman penulis di luaran sana. Entah lo sebagai jurnalis, writer, penulis caption, atau apa pun itu. Bisa jago banget nulis plus riset yang begitu mendalam. Publish dalam waktu yang singkat pula.

ampun bang jago


Beda sama gue ya, blog pribadi aja diurusinnya juga kadang-kadang. Kayak gini ini nih, lagi pengen nulis aja baru nulis deh di blog. Jangan ditiru ya teman-teman.

Gue ngga mau bahas panjang-panjang ah kalo ada yang bilang menulis itu mudah. Tapi, mungkin satu yang bisa teman-teman catet nih. Kalo nulis udah jadi hobi buat lo, sesulit apa pun itu bakalan lo jalanin. 

Kenapa?

Karena sayang.
Share:

1 komentar:

  1. Sepakat. Untuk itulah pentingnya berlatih dan mencari wawasan serta teknik baru dalam menulis. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus

Tulisan Terbaru

Kata Siapa Menulis Itu Mudah?

Beberapa orang masih aja beranggapan bahwa menulis itu mudah. Eh, nanti dulu. Maksudnya ini nulis apa nih? Nulis catatan tagihan utang atau ...

Follow by Email

Paling Tren