Ad Code

Membuat Pidato Singkat Tentang Berbakti Kepada Orangtua

pidato singkat tentang berbakti kepada orang tua

Pada acara-acara khusus seperti ketika hari Ibu dan sejenisnya, pidato tentang bakti pada orangtua menjadi topik yang paling sering dibahas. Membuat pidato singkat tentang berbakti kepada orangtua memang terkesan mudah padahal kenyataanya tidak selalu begitu. Bagian yang paling sulit adalah menemukan ide untuk pidatonya. Agar pembahasan pidato tidak terlalu melebar dan susah dimengerti, berikut ini beberapa tips membuat pidato tentang bakti pada orangtua. 

Cari sumber 

Kamu bisa saja langsung menulis pidato sesuka hati, namun kalau ingin membuat pidato dengan isi yang matang, sebaiknya kamu mencari sumber terlebih dahulu. Bacalah berbagai macam pidato dari sumber yang berbeda untuk mendapatkan gambaran pidato mana yang cocok dengan gayamu. Selain itu kamu juga bisa mencari ide isi pidato yang sesuai dengan tema misalnya tentang bakti pada orangtua yang dimulai dari rumah, bakti pada orangtua secara sederhana, dan sebagainya. 

Buat draft

Setelah mendapatkan gambaran ide, kamu bisa mulai membuat draft pidato. Membuat draft pidato bisa diawali dengan membuat kerangka pidatonya terlebih dahulu. Kerangka pidato secara sederhana terdiri dari tiga bagian yaitu pembuka, isi, dan penutup. Pada bagian isi bisa terdiri dari beberapa poin inti yang menjelaskan pesan dari pidato. Usahakan membuat bagian inti ini dengan jelas dan tidak berbelit-belit sehingga pesan yang disampaikan mudah ditangkap oleh pendengar. 

Baca dengan lantang

Bila draft pidato sudah selesai, kamu bisa mencoba membacanya dengan lantang. Membaca draft pidato singkat tentang berbakti kepada orangtua bisa menjadi salah satu cara untuk melihat kesalahan dalam pidato. Kamu bisa meminta teman atau saudara untuk mendengarkan pidatomu dan memberikan penilaian mereka. Membaca dengan lantang bisa menjadi salah satu cara untuk melihat apakah pidato sudah dibuat dengan pesan yang jelas dan Bahasa yang mudah dimengerti. Bila dirasa masih ada yang kurang pas dengan naskah pidato kamu bisa mengeditnya. 

Edit naskah pidato

Sebelum dibawakan untuk acara asli, naskah pidato sebaiknya diedit sesuai kebutuhan. Setelah ditulis menjadi draft, bisa jadi ada beberapa bagian dari naskah pidato yang dirasa kurang tepat. Bisa dari segi Bahasa ataupun isinya. Jangan ragu untuk mengedit naskah pidato kemudian membacanya kembali dengan lantang. Cara ini membantumu menciptakan naskah pidato dengan sempurna. 

Meskipun naskah pidato singkat tentang berbakti kepada orangtua termasuk dalam pidato sederhana, namun pastikan kamu membuatnya dengan sempurna. Naskah pidato yang dibuat dengan bagus bisa dimengerti dengan mudah sehingga pesan didalamnya bisa diterima oleh pendengar. Membuat naskah pidato juga tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu mencari sumber referensi, membuat draft naskah, dan membaca pidato dengan lantang.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar