Menjemput Hidayah Keselamatan Berlalulintas

Maret 14, 2019
Kematian yang terjadi pada millenial nggak cuma gara-gara putus cinta aja. Pemahaman akan keselamatan berlalulintas juga menjadi ‘investor’ yang turut menyumbang terjadinya peregangan nyawa di kalangan millenial.
keselamatan berlalulintas
Gue mau sedikit cerita nih pengalaman gue yang belum lama ini terjadi. Jadi, di sebuah jalan di daerah Condet, Jakarta Timur, waktu itu lagi nganter nyokap kalo nggak salah. Pas di pertigaan, gue mau belok kiri, tapi dari arah yang gue mau belok, ada motor yang tiba-tiba ngambil ‘lahan’ gue buat belok.

Untungnya gue nggak latah ya. Kalau gue latah bisa-bisa ngegas atau keluar kata-kata tidak sopan dari mulut gue.

Ini yang ngenes.



Dia gue lihat tuh pakaiannya rapih gitu. Kayak orang kantoran. Pake pantofel dan celana bahan yang nge-pres di paha deh. Lha gue pikir pasti orang kantoran yang begitu mah udah sarjana kan? Tapi, gelar kesarjanaan itu kayaknya sirna gitu aja kalau udah turun di jalan. Mulai dari ugal-ugalan sampai nggak menghargai hak pengendara lainnya.
keselamatan berlalulintas
Emang belum ada penelitian sih, apakah gelar sarjana itu punya pengaruh terhadap kewarasan seseorang dalam berkendara. Harusnya sih ada hubungannya. Kalau udah sarjana tapi tetap nggak punya perilaku keselamatan di jalan, sama juga bohong.

Kalah sama ojek online.

Kenapa ojek online? Dua penyedia jasa ojek online terbesar di Indonesia sangat menekankan keterampilan berkendara bagi para drivernya. Go-Jek menyediakan pelatihan safety driving yang bekerja sama dengan Rifat Drive Labs untuk keterampilan berkendara. Ini menjadi dasar supaya penumpang merasa aman dan nyaman ketika menggunakan jasa Go-Jek.


Begitu juga dengan Grab. Aplikator asal negeri Jiran ini mewajibkan semua orang yang ingin menjadi driver harus lulus tes seperti layaknya ujian SIM di kepolisian. Tujuannya ya tentu sama dengan kompetitornya.
keselamatan berlalulintas
Hanya saja, praktik di lapangan lebih banyak ketidaksesuaian. Banyak kok driver-driver yang lupa dengan aturan keselamatan di jalan. Mulai dari masuk jalur Busway hingga menerobos palang pintu kereta api. Terlepas dari permintaan penumpang, yang seharusnya si penumpang juga tahu tentang pentingnya keselamatan berlalulintas.

Nah, sekarang ini kan banyak millenial yang….hmmm….nyoba jadi driver ojek online (nyebut diri sendiri sih), sama millenial yang sering banget menggunakan aplikasi ojek online gitu kan? Jangan sampai buta dengan keselamatan berlalu lintas nih.

keselamatan berlalulintas
sumber infografik http://indonesiabaik.id/infografis/mari-patuhi-lalu-lintas-keselamatan-no-1
Kecelakaan menjadi penyumbang ke-2 dalam daftar urutan pembunuh manusia.

Ngeri nggak sih?

Enggak lah. Buktinya, kalau lo perhatiin di jalanan nih, motor dan mobil itu makin banyak jumlahnya. Jadi, jangan ngeluh jalanan makin macet yaks. Makin banyak kendaraan, bisa jadi jumlah kecelakaan lalu lintas makin banyak. Ini bisa kejadian kalau pengendara wabil khusus para millenial nggak sadar pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Gue bukannya menghakimi kalau millenial-lah biang keladi dari kecelakaan yang ada.

Nggak.

Gue cuma mau ngajak aja nih buat temen-temen pembaca blog gue ini buat sama-sama menjadi pengendara yang taat berlalu lintas. Bukannya gue nggak pernah buat kesalahan lalu lintas lho ya. Gue pernah kok masuk jalur busway dan ditilang pak polisi di daerah DI Panjaitan, Jakarta Timur. Ditilang karena nggak pake helm di daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur juga pernah kok guys.

Seiring berjalannya waktu, karena gue juga makin tua ya, jadi sadar banget pentingnya berlalu lintas. Sebagai driver ojek online aktif, gue jadi belajar pentingnya pengetahuan lalu lintas. Adanya tanggung jawab membuat penumpang selamat sampai tujuan itu yang jadi motivasi gue.
keselamatan berlalulintas
Mungkin banyak momentum yang lo rasain menjadi titik balik buat sadar pentingnya keselamatan lalu lintas. Tiap orang beda-beda ya. Ada yang kapok kena tilang, kena kecelakaan, atau melihat kecelakaan juga bisa jadi motivasi tersendiri.

Pada intinya sih, generasi millenial wajib paham tentang etika keselamatan di jalan. Sebagai generasi penerus bangsa, ayolah jadi contoh yang baik di jalan. Jangan mudah terprovokasi pengendara lain ya mascoy. Keep safety riding!
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.