Ad Code

Contoh Kultum Tentang Berbakti Pada Orang Tua

kultum tentang berbakti kepada orang tua

Berbakti pada orangtua adalah topik yang umum disampaikan untuk kultum pada acara-acara keagamaan. Salah satunya adalah kultum tentang berbakti pada orang tua yang disampaikan saat acara pondok Ramadhan. Salah satu ciri ceramah kultum adalah disampaikan secara singkat. Sesuai namanya, kultum adalah kuliah tujuh menit sehingga ceramah harus disampaikan dalam waktu kurang lebih tujuh menit tesebut. Hindari membuat ceramah yang terlalu lama karena akan tidak sesuai dengan konteksnya. Berikut ini salah satu contoh kultum tentang berbakti pada orang tua. 

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang Terhomat bapak/ibu kepala sekolah

Yang terhormat ibu/bapak guru dan staff

Dan teman-teman sekalian.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT yang memberikan kita banyak rahmat sehingga kita bisa berkumpul hari ini dengan keadaan sehat dan berbahagia. Acara pondok Ramadhan adalah acara tahunan yang selalu dinanti. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari acara tahun ini. 

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kultum tentang berbakti pada orang tua. Banyak dari kita yang tidak peduli dengan istilah bakti pada orang tua karena dianggap hal yang sepele. Kita terlalu banyak ‘take for granted’ dengan apa yang sudah diberikan orang tua dan lupa menunjukkan bakti pada mereka. 

Dalam Al-Quran Surat Al-Isra ayat 23 yang artinya:

“Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibuk bapakmu dengan sebagik-baiknya. Jika salah seorang diantara keudanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah pada mereka perkataan yang mulia.”

Memang sudah kewajiban anak untuk berbakti pada orangtua karena mereka orang yang paling berjasa dalam melahirkan dan merawat anak hingga dewasa. Anjuran berbakti pada orangtua ini sudah dijelaskan dengan detail dalam Al-Qur’an tentang hakul awlad ‘alal walid dan hakul walid ‘alal awlad atau hak anak terhadap orangtua dan hak orangtua terhadap anak. Bagaimanapun juga surga berada dibawah telapak kaki ibu dan ridho orangtua secara umum. 

Seiring zaman yang semakin modern, nilai bakti pada orangtua semakin berkurang. Banyak pengaruh paham mengikis akhlak baik. Semoga kita tidak menjadi salah satu dari banyak orang yang kehilangan akhlaj baik dan lupa berbakti pada orangtua. Dengan berbakti pada orangtua, kita akan mendapatkan banyak keutamaan baik di dunia dan akhirat nanti. 

Sekian kultum yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. 

Wassalamuaikum wr.wb

Demikian contoh kultum tentang berbakti pada orangtua yang bisa kamu gunakan sebagai acuan. Kamu bisa memilih ayat dan topik ceramah yang sesuai termasuk pemilihan ayat juga bisa disesuaikan. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar