Ad Code

Draft Ceramah Singkat Berbakti Kepada Orang Tua

Draft Ceramah Singkat Berbakti Kepada Orang Tua

Topik ceramah singkat berbakti kepada orang tua menjadi salah satu topik yang umum untuk lomba pidato. Hal ini karena berbakti kepada orangtua adalah hal yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah disampaikan dan dipahami. Berikut ini contoh ceramah singkat tentang berbakti kepada orang tua.

Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillah hi Robbil Alamin, wa bihi nastainu ala umurd dunya waddin, wassalamu alla sayyidina Muhammadin wa ala alihi wasohbihi ajmain, amma ba’du.

Yang saya hormati dewan juri dan teman-teman peserta lomba pidato.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT. Atas limpahan berkah dan rahmatnya kita semua bisa berkumpul dalam lompa pidato dengan keadaan sehat dan bahagia. Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan pada junjungan Nabi Muhammad SAW yang selalu memberikan petunjuk bagi kita semua.

Hadirin yang berbahagia, nama saya Indah perwakilan dari SDN 2 Berseri. Saya akan menyampaikan pidato dengan tema berbakti kepada orang tua.

Hadirin yang dirahmati Allah. Manusia lahir dari seorang ibu setelah mengandung selama Sembilan bulan. Sedangkan ayah mempunyai tanggung jawab memberikan perlindungan dan nafkah halal bagi keluarganya. Peran sebagai orang tua ini bukanhlah peran mudah oleh karena itu Allah memerintahkan kepada kita untuk selalu berbakti pada kedua orang tua. Orang tua bagaikan wasilah bagi anak.

Istilah berbakti pada orang tua ini dikenal sebagai birul walidaini yang merupakan wujud bakti pada orangtua sebagai orang yang berjasa dalam kehidupan kita. Dalam sebuah hadist dari HR.Ibnu Majah, Rasulullah bersabda “Orang tua ibarat pintu-pintunya surge, oleh karena itu (jika mau) hilangkanlah ia atau jagalah ia.”

Mewujudkan bakti kepada orangtua bisa dilakukan melalui tiga hal yaitu

1. Bertutur kata yang baik dengan tidak membentak atau meninggikan suara pada orangtua.

2. Jadikan orangtua prioritas utama setelah Allah. Banyak dari kita yang mementingkan teman dan orang lain sehingga melalaikan orang tua.

3. Patuh dan taat. Bagi orangtua seberapapun banyaknya harta atau tingginya jabatan, kita tetaplah anak yang harus mematuhi orangtua.

Hadirin yang berbahagia. Tidak ada hal buruk dari berbakti kepada orangtua. Malah kita akan mendapatkan ridho dari orangtua dan mendapatkan banyak keberkahan.

Demikian ceramah singkat yang bisa saya sampaikan tentang berbakti pada orang tua. Semoga kita semua termasuk orang yang bisa menunjukkan bakti pada mereka. Amin.

Wassalamualaikum wr.wb

Demikian contoh ceramah singkat berbakti kepada orang tua dengan isi yang singkat dan mudah dipahami. Contoh ceramah ini bisa digunakan untuk lomba pidato dengan beberapa variasi inti pembicaraan. Sebaiknya ketika mengikuti lomba pidato, topik yang dibahas tidak terlalu panjang atau berbelit. Yang terpenting kamu memahami dengan baik isi dari pidato tersebut sehingga bisa membawakannya dengan percaya diri. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar