Ad Code

Elemen Penting Pada Ceramah Singkat tentang Ibu dan Ayah

Elemen Penting Pada Ceramah Singkat tentang Ibu dan Ayah

Membuat ceramah bagi beberapa orang tidaklah mudah. Terutama bila tidak memahami pembahasan dengan baik bisa menyebabkan isi ceramah tidak fokus dan susah dimengerti. Salah satu topik pidato yang banyak digunakan adalah ceramah singkat tentang ibu dan ayah. Materi ceramah ini termasuk mudah karena berdasarkan kehidupan sehari-hari dan hampir setiap orang bisa memahaminya. Meskipun mudah, namun ada beberapa elemen penting yang harus ada pada ceramah singkat seperti penjelasan berikut ini.

Salam pembuka

Stiap ceramah harus diawali dengan salam pembuka. Salam pembuka ini membuat kamu lebih dekat dengan penonton. Selain itu, salam pembuka juga menjadi salah satu cara untuk menyapa mereka dan membuat suasana menjadi tidak kaku. Biasanya salam pembuka diawali dengan menyapa penonton dengan jabatan tinggi dan urut jabatan dibawahnya hingga penonton biasa.

Isi yang jelas

Ketika membuat draft ceramah singkat pastikan untuk membuat isinya dengan jelas. Sesuai dengan namanya, ceramah singkat harus disampaikan dengan singkat, padat, namun bermakna. Cara yang paling mudah merumuskan isi ceramah singkat adalah dengan membuat pesan dalam bentuk poin. Dalam satu ceramah, kamu bisa membuat maksimal 3 poin pesan sebagai inti ceramah. Terlalu banyak pesna yang ingin disampaikan akan membuat ceramah kurang fokus dan menjadi tidak singkat lagi.

Ayat pendukung

Setelah kamu mempunyai poin pesan yang ingin disampaikan dalam ceramah, kamu bisa mencari ayat untuk mendukung ceramah. Tidak usah terlalu banyak, kamu bisa mencari satu atau dua ayat saja yang relevan dengan isi ceramah. Ayat pendukung bisa ditulis dalam ayat asli atau terjemahannya agar lebih mudah dipahami. Selain ayat Al-Quran, kamu juga bisa menggunakan hadis yang relevan dengan topik.

Studi kasus

Selain ayat pendukung, kamu juga bisa menambahkan studi kasus atau contoh yang ada di sekitar. Misalnya topik ceramah tentang ayah dan ibu, kamu bisa mencari contoh tentang bakti pada ayah dan ibu yang sekiranya mendukung dengan topik ceramah secara umum. Memberikan studi kasus atau contoh membuat isi ceramah kamu semakin bervariasi dan menarik. Namun tetap ingat untuk mengemas studi kasus secara singkat dan tidak berbelit agar lebih mudha dipahami.

Salam penutup

Sebagai penutup, ceramah harus mempunyai salam penutup. Bagian ini bisa diisi dengan doa dan harapan pada penonton setelah mendengar ceramah kamu. Salam penutup bisa dibuat dengan singkat saja.

Membuat ceramah singkat tentang ibu dan ayah tidak susah. Kamu perlu membuat draft yang ringkas namun memuat pesan yang ingin disampaikan. Ceramah bisa dilengkapi dengan ayat, hadis, dan juga studi kasus untuk memberikan penjelasan yang lebih mudah dipahami. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar