Ad Code

Pengertian Senam Lantai

pengertian senam lantai


Senam dan Yoga telah menjadi olahraga alternatif bagi hampir semua lapisan masyarakat. Tidak hanya ibu-ibu, tetapi juga anak-anak dan remaja. Karena gerakan-gerakan dalam senam sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan dengan atau tanpa peralatan. Selain itu, senam juga bisa dilakukan di mana saja, di dalam atau di luar ruangan, bersama teman atau sendiri.

Salah satu latihan yang paling populer adalah senam lantai. Senam lantai tidak menggunakan gerakan yang kuat dan tidak membutuhkan ruang yang luas. Berikut telah kami rangkum pengertian senam lantai dan macam gerakan senam lantai. Simak, ya!

Pengertian Senam Lantai


Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga dengan gerakan sistematis dan terencana yang dilakukan di atas lantai dengan menggunakan matras sebagai alasnya. Tujuan penggunaan matras adalah untuk meminimalkan risiko cedera karena harus banyak bergerak yang bersentuhan dengan tanah.

Senam lantai bisa dilakukan di mana saja. Namun, dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di aula 12 x 12 cm.

Macam-macam Gerakan Senam Lantai


Sikap lilin


Sikap lilin adalah pose dengan seluruh tubuh diregangkan, kaki terangkat. Siku dan tangan menjadi tumpuan untuk membantu menopang berat badan di pinggang.

Kayang


Kayang adalah postur punggung yang membentuk lengkungan dengan perut menghadap ke langit-langit dan anggota badan sebagai penopang.

Child’s Pose


Child’s pose sangat mudah dilakukan. Cukup rentangkan tangan ke depan, lalu rentangkan lutut lebar-lebar tanpa mengubah posisi tangan dan jari menyentuh matras. Kemudian, turunkan dada Anda di antara paha.

Berguling ke depan (Forward rolling)


Anda bisa melakukan gerakan berguling ke depan dengan posisi awal berdiri, lalu jongkok, lutut di dada, lengan di depan Anda. Bawa dagu ke arah lutut atau dada sambil mengarahkan kepala ke lantai. Kemudian dorong diri Anda ke depan dan mulai berguling. Saat mendarat, berdirilah dengan kokoh.

Berguling ke belakang (Backward roll)


Berguling ke belakang adalah kebalikan dari berguling ke depan. Hanya untuk melakukan ini, tubuh harus ditekuk ke posisi jongkok, mengulurkan tangan ke depan. Kemudian, turunkan bokong Anda dan kembali ke lantai, dukung kaki Anda. Dorong tangan Anda ke belakang bahu untuk menopang tubuh Anda saat Anda berguling.

Handstand


Handstand adalah gerakan berdiri dengan tangan. Artinya, berat badan akan ditopang oleh kedua tangan di bawah (menyentuh proyeksi) dalam keadaan mantap, terbalik dalam satu garis lurus.

Cartwheel


Cartwheel adalah gerakan terbalik yang memutar seluruh badan ke satu sisi. Roda kereta dorong ini membutuhkan kedua tangan untuk menopangnya.Itulah pengertian senam lantai, macam-macam gerakan senam lantai. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus lakukan senam lantai secara rutin dan konsumsi makanan yang bergizi, ya!
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar